Peran Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau dalam Pengembangan UMKM di Kota Baubau = The role of the Baubau City Cooperative and SME Service in the Development of MSMEs in Baubau City


Oktafiano, Muhamad Erwin (2023) Peran Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau dalam Pengembangan UMKM di Kota Baubau = The role of the Baubau City Cooperative and SME Service in the Development of MSMEs in Baubau City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E051201059_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (123kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051201059_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051201059_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051201059_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muhamad Erwin Oktafiano (E051201059). Peran Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau dalam Pengembangan UMKM di Kota Baubau, dibawah bimbingan Dr. A. Lukman Irwan, S.IP., M.Si (Pembimbing I) dan Irwan Ade Saputra, S.IP., M.Si. (Pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau sebagai fasilitator, regulator, dan katalisator dalam pengembangan UMKM kuliner khususnya makanan cemilan di Kota Baubau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk deskriptif dan subjek yang dijadikan sumber dalam penelitian ini adalah pegawai dinas yang dianggap memiliki kompetensi serta para pelaku UMKM di sekitar kawasan Benteng Keraton Kota Baubau. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam memperoleh data yaitu dengan cara wawancara, observasi serta beberapa literature yang terkait dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau sebagai fasilitator, Dinas Koperasi dan UKM telah melaksanakan dengan baik. namun belum optimal. Dalam hal ini, dinas melakukan pelatihan–pelatihan kepada para pelaku UMKM, serta memberikan bantuan barang kepada para pelaku UMKM. Namun, Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau belum optimal dalam memberikan bantuan jasa kepada para pelaku UMKM. Sebagai regulator, Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau telah melaksanakan dengan baik. Dalam hal ini, dinas memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM dalam mengurus hal-hal yang terkait usahanya di Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau. Sebagai katalisator, Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau dapat dikatakan cukup baik, namun masih belum optimal. Dalam hal ini, dinas telah melakukan pemberdayaan pada komunitas kreatif yang tergabung dalam grup media sosial untuk meningkatkan produktivitas para pelaku UMKM. Namun, dinas belum memberikan penghargaan secara simbolis kepada pelaku UMKM. Dalam hal dukungan menyediakan modal, dinas sudah tidak menyediakan dukungan modal kepada para pelaku UMKM. Saat ini bantuan modal hanya berasal dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat yang dibagikan kepada para pelaku UMKM di kondisi tertentu.

Keywords : Peran, Dinas Koperasi dan UKM, Pengembangan UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role, Cooperative and SMEs Office, MSME Development.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:58
Last Modified: 02 Jul 2024 07:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/35010

Actions (login required)

View Item
View Item