Pengembangan Potensi Bawang Merah Oleh Pemerintah Kabupaten Enrekang = Development of Red Onion Potential by the Enrekang Regency Government


FADIL S, Muh. (2024) Pengembangan Potensi Bawang Merah Oleh Pemerintah Kabupaten Enrekang = Development of Red Onion Potential by the Enrekang Regency Government. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E041201045_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (478kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041201045_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041201045_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (960kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041201045_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muh Fadil S, E041201045. Pengembangan Potensi Bawang Merah Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang. Di bawah bimbingan Prof. Dr.Muhammad, S.IP.,M.Si. dan Dr. Gustiana A. Kambo, S.IP., M.Si.
Latar Belakang. Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang terus berupaya untuk mengembangkan potensi bawang merah melalui berbagai progam diantaranya yaitu (1) program Gerakan Dorong Produksi, Daya Saing dan Ramah Lingkungan Hortikultura (Gedor Horti) yang merupakan Gerakan terpadu yang mengkombinasikan berbagai strategi untuk menggolkan target peningkatan produksi bawang merah berkualitas di Enrekang. (2) Program Electrifying Agriculture yang merupakan Kerjasama anatar PLN dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang yang bertujuan untuk meningkatkan layanan listrik agar lebih mudah dan terjangkau untuk kalangan petani bawang merah. (3) Program lainnya yaitu bantuan mesin pengolah lahan pertanian (cultivator) dan bantuan pembangunan embung untuk para petani bawang merah. Produktivitas bawang merah yang meningkat akan memberikan kesejahteraan untuk para petani bawang merah di Kabupaten Enrekang. Tujuan. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui upaya pemerintah Kabupaten Enrekang dalam menyediakan embung untuk seluruh kelompok tani bawang merah. Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, yang akan menyajikan gambaran yang faktual mengenai upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang dalam mengembangkan produktivitas bawang merah melalui program kebijakan pembangunan embung. Hasil. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa bantuan pembangunan embung telah efektif meningkatkan potensi pertanian bawang merah di Kabupaten Enrekang, sehingga mampu menekan laju inflasi dan memberikan kesejahteraan kepada petani. Walaupun kebijakan bantuan pembangunan embung belum dapat direalisasikan secara merata bagi semua kelompok tani karena adanya keterbatasan anggaran, namun implementasi kebijakan ini telah membawa dampak positif. Kesimpulan. Adapun upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang untuk mengembangkan potensi bawang merah yaitu melalui kebijakan pembangunan embung yang telah terbukti dapat meningkatkan produksi bawang merah yang ada di Kabupaten Enrekang, walaupun kebijakan ini masih belum merata untuk semua petani bawang merah dikarenakan adanya beberapa hambatan.

Kata Kunci : Pengembangan, Embung, Bawang Merah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Embung, Shallots
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jul 2024 01:28
Last Modified: 02 Jul 2024 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34991

Actions (login required)

View Item
View Item