Penerapan Strategi Pelaksanaan Teknik Menghardik Pada Tn. A Dengan Masalah Halusinasi Pendengaran Di Ruang Kenari Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Provinsi Sulawesi Selatan = Implementation of Strategies for Implementing Rebuking Techniques on Mr. A with auditory hallucination problems in the Kenari room at Dadi Regional Special Hospital, South Sulawesi Province


Silahuddin, Ahmad (2023) Penerapan Strategi Pelaksanaan Teknik Menghardik Pada Tn. A Dengan Masalah Halusinasi Pendengaran Di Ruang Kenari Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Provinsi Sulawesi Selatan = Implementation of Strategies for Implementing Rebuking Techniques on Mr. A with auditory hallucination problems in the Kenari room at Dadi Regional Special Hospital, South Sulawesi Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
R014221080_skripsi_20-02-2024 Cover1.jpg

Download (300kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R014221080_skripsi_20-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R014221080_skripsi_20-02-2024 Dapus.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R014221080_skripsi_20-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Ahmad Silahuddin. R014221080. Penerapan Strategi Pelaksanaan Teknik Menghardik Pada Tn. A Dengan Masalah Halusinasi Pendengaran Di Ruang Kenari Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Provinsi Sulawesi Selatan: Studi Kasus. Dibimbing oleh Ariyanti Saleh dan Akbar Harisa. Latar Belakang: Halusinasi merupakan salah satu respon maladaptif individu yang berada dalam rentang respon neurobiologi. Jika klien sehat persepsinya akurat, mampu mengidentifikasi dan menginterpretasikan stimulus berdasarkan informasi yang diterima melalui panca indra (pendengaran, penglihatan, penghidu,pengecapan, dan perabaan). Latihan menghardik yang dimasukkan dalam jadwal kegiatan sehari-hari akan menumbuhkan keberanian pasien untuk menghilangkan suara-suara yang dapat didengar. Teknik menghardik dapat membantu mengontrol halusinasi. Tujuan: Tujuan penulisan karya ilmiah ini diharapkan dapat memberikan gambaran penerapan strategi pelaksanaan menghardik dalam meningkatkan kemampuan mengontrol halusinasi.Metode: Metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil: Setelah melakukan implementasi keperawatan jiwa dengan latihan menghardik pada pasien di Ruang Kenari RSKD Dadi Provinsi Sulawesi Selatan peneliti mampu mencapai tujuan dan menarik kesimpulan sebagai berikut: Pasien bisa mengontrol hausinasinya.
Kesimpulan dan Saran: Penerapan Strategi Pelaksanaan Teknik Menghardik Pada Tn. A Dengan Masalah Halusinasi Pendengaran Di Ruang Kenari Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Provinsi Sulawesi Selatan. Perawat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baiknya dalam menerapkan teknik menghardik di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Provinsi Sulawesi Selatan. Diharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk melengkapi dan memperbaharui data ataupun literature yang lebih terupdate atau terbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Profesi Keperawatan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 02 Jul 2024 01:53
Last Modified: 02 Jul 2024 01:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34953

Actions (login required)

View Item
View Item