DAMPAK PEMBANGUNAN INDUSTRI GALANGAN KAPAL TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA BATUPUTE KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU = THE IMPACT OF SHIPYARD INDUSTRY DEVELOPMENT ON THE SOCIO-ECONOMIC COMMUNITY IN BATUPUTE VILLAGE, SOPPENG RIAJA DISTRICT, BARRU DISTRICT


Alif, Nur (2024) DAMPAK PEMBANGUNAN INDUSTRI GALANGAN KAPAL TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA BATUPUTE KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU = THE IMPACT OF SHIPYARD INDUSTRY DEVELOPMENT ON THE SOCIO-ECONOMIC COMMUNITY IN BATUPUTE VILLAGE, SOPPENG RIAJA DISTRICT, BARRU DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E031201034_skripsi_13-05-2024 cover1.png

Download (179kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E031201034_skripsi_13-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031201034_skripsi_13-05-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031201034_skripsi_13-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pembangunan merupakan sebuah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan oleh masyarakat. Adanya pembangunan di sebuah daerah merupakan angin segar bagi masyarakat yang tinggal dan bermukim di wilayah tersebut. Harapan yang ada dalam benak masyarakat ketika pembangunan sebuah proyek di wilayahnya adalah kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup. Dalam penelitian ini sebuah pembangunan industri galangan kapal yang berlokasi Di Desa Batupute Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru berdiri kokoh di tengah pemukiman masyarakat padat penduduk serta berdekatan dengan fasilitas publik lainnya seperti jalan poros, sekolah, rumah ibadah, dan lautan.
Terdapat 3 tujuan dalam penelitian ini, yang pertama adalah penelitian ini bertujuan melihat persepsi masyarakat terhadap pembangunan galangan kapal terkhusu dari aspek sosial ekonomi, kedua penelitian ini bertujuan melihat faktor (pendorong- penghambat) dalam pembangunan industri galangan kapal dengan menggunakan pendekatan pembangunan sosietal, dan tujuan yang terakhir adalah penelitian ini ingin mengetahui harapan masyarakat terhadap keberadaan industri galangan kapal di desa batupute kecamatan soppeng riaja kabupaten barru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian “Kuasi kualitatif”. Teknik penentuan informan menggunakan “Snow Ball Sampling”.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Pembangunan industri galangan kapal di desa batupute kecamatan soppeng riaja kabupaten barru secara kebermanfaatan dari segi sosial-ekonomi tidak terlalu memperbaiki kualitas hidup masyarakat yang bermukim di kawasan industri. 2. Pendekatan pembangunan sosietal dengan 3 elemen indikator (Struktur, Kultur, dan prosesual) menemukan perubahan siginifikasi yang berpotensi mengubah keadaan sosial dalam jangka waktu yang panjang jika tidak segera di atasi 3. Aspirasi masyarakat kurang di respon terkait keluhan yang menimbulkan masalah sosial lainnya akibat aktivitas industri galangan kapal yang seharusnya perusahaan merumuskan program CSR sebagai bentuk komitmen pemenuhan tanggung jawab kepada masyarakat.

Kata Kunci : Dampak Sosial Ekonomi, Pembangunan, Masyarakat Desa, Industrialisasi, Sosietal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Socioeconomic Impact, Development, Village Community, Industrialization, Social.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jul 2024 00:22
Last Modified: 02 Jul 2024 00:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34940

Actions (login required)

View Item
View Item