ANALISIS POLA KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KARYAWAN PADA CV KREASI PISANG INDONESIA DI MAKASSAR = ANALYSIS OF ORGANIZATIONAL COMMUNICATION PATTERNS TO INCREASE EMPLOYEE MOTIVATION AT CV KREASI PISANG INDONESIA IN MAKASSAR


Nurhabyana, Nurhabyana (2024) ANALISIS POLA KOMUNIKASI ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KARYAWAN PADA CV KREASI PISANG INDONESIA DI MAKASSAR = ANALYSIS OF ORGANIZATIONAL COMMUNICATION PATTERNS TO INCREASE EMPLOYEE MOTIVATION AT CV KREASI PISANG INDONESIA IN MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E022211003_tesis_13-05-2024 cover1.png

Download (81kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022211003_tesis_13-05-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022211003_tesis_13-05-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022211003_tesis_13-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2026.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Manusia sebagai makhluk sosial secara alamiah melakukan komunikasi untuk memfasilitasi interaksi dan keterlibatan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dalam konteks organisasi, individu dengan latar belakang yang beragam perlu berkomunikasi efektif untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi organisasi dan mengidentifikasi faktor pendukung serta penghambat dalam upaya meningkatkan motivasi karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam terhadap pimpinan organisasi, dan pengumpulan dokumen sebagai literatur relevan. Penelitian ini memfokuskan pada pemahaman penyampaian pesan sebagai elemen kunci dalam menciptakan komunikasi efektif di dalam organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa organisasi menerapkan pola komunikasi vertikal dengan pendekatan dua arah dari atas ke bawah dan sebaliknya, menggunakan metode PDCA (Plan-Do-Check-Act) dan MoM (Management of Meaning). Selain itu, komunikasi horizontal digunakan sebagai sarana koordinasi antar karyawan dalam memecahkan masalah dan mencapai tujuan bersama. Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi karyawan melibatkan penerapan metode Genba sebagai alat untuk mengidentifikasi permasalahan yang sebenarnya di lapangan. Namun, terdapat faktor penghambat, seperti perubahan struktur organisasi, yang dapat mempengaruhi koordinasi komunikasi di beberapa divisi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami dinamika komunikasi organisasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi karyawan. Implikasi hasil penelitian dapat menjadi dasar untuk pengembangan strategi komunikasi dan manajemen yang lebih efektif dalam meningkatkan semangat dan kinerja karyawan.

Keywords : Komunikasi Organisasi, Pola Komunikasi, Motivasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Organizational communication, Communication pattems, Motivation.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:13
Last Modified: 28 Jun 2024 05:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34934

Actions (login required)

View Item
View Item