OPTIMASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KOTA MAKASSAR = OPTIMIZATION OF TEACHER AND STUDENT INTERPERSONAL COMMUNICATION IN THE FORMATION OF ISLAMIC CHARACTER IN AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KINDERGARTEN, MAKASSAR CITY


Putri, Amelia (2024) OPTIMASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KOTA MAKASSAR = OPTIMIZATION OF TEACHER AND STUDENT INTERPERSONAL COMMUNICATION IN THE FORMATION OF ISLAMIC CHARACTER IN AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KINDERGARTEN, MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021201104_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021201104_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021201104_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021201104_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 June 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pembentukkan Karakter Islami Di TK Aiyiyah Busthanul Athfal (TK Aba Ranting 9 Maccini) Kota Makassar.
Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Tipe penelitian ini menggunakan tipe kualitatif deskriptif. Data primer dikumpulkan dengan observasi dan wawancara mendalam kepada informan melalui Teknik purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari sumber yang ada melalui penelusuran bahan bacaan seperti buku, jurnal, skripsi yang terkait dengan penelitian ini.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pembentukkan Karakter Islami Di Tk Aba Ranting 9 Maccini Kota Makassar menggunakan tiga pendekatan sikap positif yang mendukung terjadinya komunikasi interpersonal, yang dominan berperan yaitu : keterbukaan (Openness), empati (Empathy), mendukung (Supportive), sedangkan kesetaraan (Equality) ini kurang berperan terhadap murid. Selain itu, guru juga menggunakan komunikasi heart to heart dalam menyampaikan pesan selama proses pembentukan karakter Islami dalam kelas. Faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam komunikasi interpersonal guru dan murid dalam pembentukan karakter islami murid paud TK Aisyiyah Bustanul Athfal (TK Aba ranting 9 Maccini) adalah perlunya dilakukan peningkatan konsistensi dalam penyampaian nilai-nilai Islami, penanganan perbedaan budaya dan latar belakang, serta membangun kolaborasi yang kuat dengan orang tua untuk mendukung pembentukan karakter Islami anak.

Keywords : Optimasi, Komunikasi Interpersonal, Guru, pembentukkan karakter, Karakter Islami, TK Aisyiyah Bustanul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimizing, Interpersonal Communication, Teacher, character formation, Islamic Character, TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:09
Last Modified: 28 Jun 2024 05:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34932

Actions (login required)

View Item
View Item