Analisis Pelanggaran Harapan Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin = Analysis of Violation Of Expectations in Communication Science Students at Hasanuddin University


Azzahrah, Farhat Ramah (2024) Analisis Pelanggaran Harapan Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin = Analysis of Violation Of Expectations in Communication Science Students at Hasanuddin University. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E021201041_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (147kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021201041_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021201041_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021201041_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 June 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pelanggaran harapan pada mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Hasanuddin dan juga untuk mengetahui sikap dan perilaku mahasiswa terhadap hubungan diantara mahasiswa setelah menerima pelanggaran Harapan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data. dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2023 hingga Maret 2024 dengan melakukan wawancara mendalam kepada mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Hasanuddin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran Harapan pada mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Hasanuddin dapat ditelaah melalui empat tahapan pengembangan hubungan yang terdiri dari: 1) tahap orientasi, pada tahap ini mahasiswa ilmu komunikasi melakukan labelling kepribadian introvert dan ekstrovert terhadap konsentrasi lain berdasarkan perilaku, karakteristik, serta pengetahuan mahasiswa konsentrasi lain 2) Tahap pertukaran afektif, pada tahap ini terjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi memperoleh perbedaan ekspektasi dengan realita yang ada setelah proses ekspansi informasi, perbedaan berdasarkan karakter extrovert pada konsentrasi public relation, introvert pada konsentrasi jurnalistik dan broadcasting diisi oleh dua tipe pribadi tersebut. 3) Tahap Penjajakan Afektif, pada tahap ini mahasiswa melakukan proses seleksi terhadap komunikator yang telah melakukan pelanggaran harapan untuk dapat menjadi seseorang yang dipercaya yang didasarkan pada kecocokan dan hubungan yang tercipta yang diantar mahasiswa, 4) Tahap Stabil, pada tahap ini mahasiswa memutuskan untuk berkomitmen melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih intim apabila pelaku dianggap memberikan keuntungan dalam komunikasi dan hubungan mendatang.

Keywords : Pelanggaran Harapan, Labelling, Introvert, Ekstrovert, Ilmu Komunikasi, Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Violation of Expectations; Labeling; Introvert; Extrovert; Communication Studies; Student
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:38
Last Modified: 28 Jun 2024 02:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34908

Actions (login required)

View Item
View Item