Efektivitas Absensi Berbasis Elektronik dalam Menunjang Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil ( Studi Kasus Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kota Makassar) = The Effectiveness Of Electronic - Based Attendance in Supporting Civil Servants' Work Discipline ( Case Study of the Makassar City Occupational Safety and Health Center)


Faradilla, A. Rika (2024) Efektivitas Absensi Berbasis Elektronik dalam Menunjang Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil ( Studi Kasus Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kota Makassar) = The Effectiveness Of Electronic - Based Attendance in Supporting Civil Servants' Work Discipline ( Case Study of the Makassar City Occupational Safety and Health Center). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E011201090_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (93kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011201090_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011201090_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011201090_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penerapan tingkat kedisiplinan perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran Pegawai Negeri Sipil yang masih kurang menaati peraturan tentang disiplin pegawai, sehingga dapat memperlambat kemajuan dalam pemerintahan serta pembangunan nasional. Dalam upaya mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) aplikasi absensi online berbasis elektronik diterapkan. Penerapan absensi berbasis elektronik ini diharapkan mampu mengoptimalkan kehadiran para pegawai tanpa adanya kecurangan atau manipulasi data demi peningkatan disiplin waktu dan kinerja pegawai.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa efektif sistem absensi berbasis elektronik dalam menunjang disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil di Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumen, dan informasi audiovisual.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan absensi berbasis elektronik di Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kota Makassar yang diukur menggunakan empat indilkator efektivitas menurut Tangkilisan yaitu pencapaian target, kemampuan adaptasi, kepuasan kerja, dan tangung jawab memberikan hasil bahwa absensi berbasis elektronik mampu untuk meningkatkan disiplin kerja pegawai, khususnya dalam hal kehadiran atau absensi. Akan tetapi, sistem absensi berbasis elektronik ini tidak dapat menjamin para Pegawai Negeri Sipil untuk tetap berada di kantor pada saat jam kerja, serta tidak dapat mengukur kinerja pegawai karena hanya berpatokan pada ketepatan waktu saat melakukan absensi.

Keywords : Efektivitas, Absensi Elektronik, Disiplin Pegawai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Electronic Attendance, Employee Discipline
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:30
Last Modified: 28 Jun 2024 06:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34883

Actions (login required)

View Item
View Item