Responsivitas Pelayanan Publik Polsek Tamalanrea di Kota Makassar Terhadap Pengaduan Masyarakat Tentang Pencurian Motor = Responsiveness of Tamalanrea Police Public Services in Makassar City to Public Complaints About Motorcycle Theft


Mardiani, Dini (2024) Responsivitas Pelayanan Publik Polsek Tamalanrea di Kota Makassar Terhadap Pengaduan Masyarakat Tentang Pencurian Motor = Responsiveness of Tamalanrea Police Public Services in Makassar City to Public Complaints About Motorcycle Theft. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011201084_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011201084_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (961kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011201084_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011201084_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Responsivitas yang baik dari lembaga pelayanan publik menjadi sangat penting, terutama dalam menanggapi pengaduan masyarakat. Dalam konteks penanganan kasus pencurian motor oleh Polsek Tamalanrea, meskipun terdapat peningkatan kasus dalam 3 tahun terakhir, akan tetapi tingkat penyelesaian kasus masih rendah. Hal ini mencerminkan responsivitas yang belum optimal dari lembaga tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi responsivitas pelayanan publik yang diberikan oleh Polsek Tamalanrea terhadap pengaduan masyarakat mengenai kasus pencurian motor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus yang berfokus pada indikator responsivitas seperti kemampuan merespon, kecepatan, ketepatan, kecermatan, dan ketepatan waktu. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa responsivitas pelayanan dari petugas Polsek Tamalanrea terhadap pengaduan masyarakat tentang pencurian motor menunjukkan adanya ketidak-konsistenan. Meskipun sebagian besar petugas menunjukkan sikap yang baik dan responsif, ada juga pola-pola pelayanan buruk yang mencerminkan kurangnya profesionalisme, dedikasi, dan empati. Terdapat perbedaan dalam pengalaman masyarakat terhadap kecepatan pelayanan, dengan beberapa masyarakat mengungkapkan kekecewaan terhadap ketidaksesuaian waktu dalam penanganan pengaduan. Meskipun pelayanan petugas terlihat sesuai dengan SOP yang berlaku, beberapa keluhan masyarakat menyoroti kurangnya kejelasan instruksi dan kebingungan dalam penanganan kasus. Meskipun petugas menunjukkan kecermatan dalam melayani pengaduan, pelayanan masih terkendala oleh ketidaktepatan waktu, terutama dalam TPTKP dan keterbatasan personel pada unit SPKT. Oleh karena itu, peningkatan konsistensi, kecepatan, dan ketepatan waktu pelayanan diperlukan untuk memastikan kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap Polsek Tamalanrea.

Keywords : Responsivitas pelayanan publik, pengaduan masyarakat, pencurian motor, Polsek Tamalanrea.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Public service responsiveness, public complaints, motorcycle theft, Polsek Tamalanrea.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:29
Last Modified: 28 Jun 2024 06:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34882

Actions (login required)

View Item
View Item