Huzniar. Zn, Huzniar. Zn (2024) Penerapan prinsip-prinsip etika dalam pelayanan publik ( Studi kasus pada Puskesmas Tanjonge Kab.Soppeng) = Implementation of Ethical Principles in Public Services (Case Study at Tanjonge Public Health Center, Soppeng Regency). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E011201082_skripsi_14-05-2024 cover1.png
Download (91kB) | Preview
E011201082_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf
Download (1MB)
E011201082_skripsi_14-05-2024 dp.pdf
Download (2MB)
E011201082_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2026.
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Huzniar Zn (E011 20 1082). Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Puskesmas Tanjonge Kabupaten Soppeng) + xiv +102 Halaman + 3 Tabel + 15 Gambar + 59 Pustaka + Lampiran + Dibimbing Oleh Prof. Dr. Hasniati S.Sos., M.Si dan Dr. Muhammad Rusdi M.Si .
Isu etika dalam pelayanan publik di Indonesia terutama dalam konteks pelayanan kesehatan di Puskesmas belum mendapat perhatian yang memadai meskipun diakui bahwa kelemahan moralitas merupakan hal mendasar dalam pelayanan publik. Pelanggaran etika dalam pelayanan kesehatan sulit ditelusuri dan dibuktikan, disertai dengan beberapa masalah seperti diskriminasi, kurang responsif, dan kurangnya keindahan tata ruang yang menurut penelitian dapat mengganggu kualitas layanan serta kepuasan pasien.
Secara umum penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip-prinsip etika dalam pelayanan publik di Puskesmas Tanjonge. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara kepada pegawai serta Masyarakat di Puskesmas Tanjonge.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan prinsip-prinsip etika dalam pelayanan publik (Studi Kasus Puskesmas Tanjonge Kabupaten Soppeng) adanya beberapa aspek yang perlu diperhatikan, di indikator prinsip keindahan (Beauty), prinsip persamaan (Equality), prinsip kebaikan (Goodness) dianggap masih kurang baik.
Kata Kunci : etika pelayanan publik, prinsip etika, puskesmas, kualitas layanan, pelayanan kesehatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | public service ethics, ethical principles, Community Health Center, Service quality, Healthcare services. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 06:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 06:28 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34881 |