Implementasi Kebijakan Perlindungan Anak di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Soppeng = Implementation of Child Protection Policy at the Office of Women's Empowerment, Child Protection, Population Control and Family Planning of Soppeng Regency


Lyana, Yulis (2024) Implementasi Kebijakan Perlindungan Anak di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Soppeng = Implementation of Child Protection Policy at the Office of Women's Empowerment, Child Protection, Population Control and Family Planning of Soppeng Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E011201078_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (122kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011201078_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011201078_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011201078_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Perlindungan Anak di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Soppeng. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran atau informasi yang menyeluruh terkait dengan masalah yang diteliti. Adapun fokus penelitian berdasarkan pada 4 variabel dari teori implementasi menurut George C. Edward III, yakni Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Perlindungan Anak di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Soppeng dapat dikategorikan belum berjalan dengan baik dan optimal. Dari 4 Indikator yang dapat mendorong keberhasilan implementasi kebijakan menurut Edward III, terdapat 2 indikator yang belum berjalan dengan optimal, yakni variabel Komunikasi dan Sumber Daya. Komunikasi kebijakan melalui sosialisasi dan penyuluhan belum menyeluruh dan tidak sampai kepada sebagian masyarakat sehingga masyarakat tidak mengetahui terkait adanya kebijakan perlindungan anak. Adapun dari segi sumber daya, baik sumber daya manusia, anggaran, maupun fasilitas (sarana dan prasarana) belum memadai, sehingga menghambat pelaksanaan tugas-tugas dibidang perlindungan anak.

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Perlindungan Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Policy Implementation, Child Protection
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jul 2024 00:28
Last Modified: 02 Jul 2024 00:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34878

Actions (login required)

View Item
View Item