Perlindungan Hukum Penggunaan Data Pribadi Konsumen dalam Pemasaran Langsung


Sirman, Muh.yusril (2024) Perlindungan Hukum Penggunaan Data Pribadi Konsumen dalam Pemasaran Langsung. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
B011171119_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (104kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171119_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171119_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171119_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

MUH. YUSRIL SIRMAN (B01171119). Perlindungan Hukum Penggunaan Data Pribadi Konsumen dalam Pemasaran Langsung. Dalam bimbingan Maskun selaku Pembimbing Utama dan Ahmad Fachri Faqi selaku Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dasar pengaturan terkait penggunaan data pribadi konsumen dalam pemasaran langsung berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 Tentang Perlindungan Data Pribadi dan berbagai peraturan perundang-undangan terkait, serta menjabarkan berbagai bentuk perlindungan hukum terhadap penggunaan data pribadi konsumen dalam pemasaran langsung.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian hukum normatif, dengan pendekatan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach), Data yang digunakan bersumber dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, serta bahan hukum tersier yang memiliki relevansi dengan topik yang akan diteliti.
Hasil penelitian, yaitu 1) dalam berbagai pengaturan mengenai penggunaan data pribadi konsumen ditentukan bahwa hubungan hukum dalam pemrosesan data pribadi wajib didasarkan pada adanya perjanjian antara konsumen dan pelaku usaha, serta konsumen memiliki kuasa untuk menolak adanya pencantuman klausula pemasaran langsung dalam kontrak perjanjian baku yang diberikan pelaku usaha. Selanjutnya 2) terdapat beberapa bentuk perlindungan hukum yang berkaitan dengan penggunaan data pribadi konsumen dalam pemasaran langsung, mulai dari perlindungan hukum preventif berupa tindakan pencegahan sebelum terjadinya pelanggaran, serta perlindungan hukum represif berupa tindakan penanganan setelah terjadinya pelanggaran, yang jika mengakibatkan kerugian, maka konsumen dapat mengajukan permohonan ganti kerugian dengan mekanisme pengajuan gugatan melalui pengadilan dan/atau di luar pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Data Pribadi, Konsumen, Pemasaran Langsung
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:18
Last Modified: 28 Jun 2024 06:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34873

Actions (login required)

View Item
View Item