ANALISIS STRATEGI PEMASARAN EKSPOR IKAN TUNA BEKU PADA PT. KELOLA MINA LAUT MAKASSAR = Analysis of Frozen Tuna Export Marketing Strategy At PT. Kelola Mina Laut Makassar


Haeria, Husna (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN EKSPOR IKAN TUNA BEKU PADA PT. KELOLA MINA LAUT MAKASSAR = Analysis of Frozen Tuna Export Marketing Strategy At PT. Kelola Mina Laut Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A021201050_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A021201050_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A021201050_skripsi_14-05-2024 dp.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A021201050_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat mempengaruhi peningkatan penjualan ekspor ikan tuna beku pada PT. Kelola Mina Laut Makassar dengan memanfaatkan strategi bauran pemasaran menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggabungkan data observasi dan wawancara yang dikumpulkan, diolah, dan dianalisis. Objek dalam penelitian ini adalah PT. Kelola Mina Laut Makassar yang bergerak di bidang ekspor ikan tuna, sementara subjek dalam penelitian ini adalah Factory Manager, Production Manager, Quality Control Manager, Production Planning and Inventory Control Manager, dan Human Resource Development PT. Kelola Mina Laut Makassar. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT yang memperhitungkan faktor-faktor internal dan eksternal dengan menggunakan pendekatan IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary) dan EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary) untuk menyesuaikan informasi dan membantu perusahaan dalam merumuskan strategi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan oleh PT. Kelola Mina Laut Makassar yaitu dengan mengoptimalkan kualitas produk, memanfaatkan lokasi perusahaan untuk ekspansi ke daerah-daerah dengan potensi ikan tuna yang tinggi, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan distribusi produk, meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan yang meningkat, dan memanfaatkan dukungan pemerintah untuk memperluas pangsa pasar.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Ekspor, Analisis SWOT, PT. Kelola Mina Laut Makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing Strategy, Export, SWOT Analysis, PT. Kelola Mina Laut Makassar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:26
Last Modified: 01 Jul 2024 07:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34850

Actions (login required)

View Item
View Item