PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP NYERI POST OPERASI MODIFIED RADICAL MASTECTOMY (MRM) DENGAN DIAGNOSA MEDIS CARCINOMA MAMMAE DEXTRA DI RUANG INSTALASI BEDAH SENTRAL (IBS) RSPTN UNIVERSITAS HASANUDDIN


Fathiah, Farah (2023) PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP NYERI POST OPERASI MODIFIED RADICAL MASTECTOMY (MRM) DENGAN DIAGNOSA MEDIS CARCINOMA MAMMAE DEXTRA DI RUANG INSTALASI BEDAH SENTRAL (IBS) RSPTN UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
R014221021_skripsi_20-02-2024 Cover1.jpg

Download (310kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R014221021_skripsi_20-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R014221021_skripsi_20-02-2024 Dapus.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R014221021_skripsi_20-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (920kB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Penatalaksanaan efektif yang paling sering dilakukan pada Ca Mammae adalah dengan pembedahan modified radical mastectomy (MRM). Masalah umum pada pasien pasca operasi mastektomi adalah nyeri. Salah satu intervensi keperawatan yang dapat dilakukan untuk menurunkan intensitas nyeri akut adalah terapi relaksasi genggam jari (finger hold). Tujuan Penelitian : Untuk mendeskripsikan gambaran intervensi teknik relaksasi genggam jari pada pasien post operasi Modified Radical Mastectomy (MRM) sebagai manajemen penatalaksanaan nyeri pada Ny. S dengan Carcinoma Mammae Dextra di Ruang Instalasi Bedah Sentral (IBS) RSPTN Universitas Hasanuddin. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus tunggal (single case study design). Melalui studi kasus ini, dilakukan kajian lebih mendalam mengenai perilaku suatu unit individu yang bersifat lebih komprehensif, intens, rinci, dan mendalam. Sampel kasus yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kasus pembedahan MRM yang dialami oleh Ny. S. Hasil : Pada penelitian ini diperoleh hasil dan evaluasi bahwa setelah pemberian intervensi terapi relaksasi genggam jari terjadi penurunan intensitas nyeri dari tingkat sedang dengan skala 4 menjadi nyeri ringan dengan nilai 2. Hal ini terlihat setelah pelaksanaan teknik finger hold, dilakukan evaluasi pada Ny. S dimana pasien merasakan jika nyeri luka post-operasi dilaporkan sudah dapat ditoleransi dan tidak mengganggu pola aktivitas. Kesimpulan dan Saran : Diharapkan pada perawat dapat melaksanakan peran penting dalam upaya manajemen nyeri non-farmakologis untuk mengurangi intensitas nyeri post-operasi. Peran perawat dalam hal ini adalah memberikan asuhan keperawatan untuk memenuhi kebutuhan rasa nyaman nyeri pada pasien post operasi dengan penerapan relaksasi genggam jari.

Kata Kunci : Nyeri, Mastektomi, Teknik genggam jari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nyeri, Mastektomi, Teknik genggam jari
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Profesi Keperawatan
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:14
Last Modified: 01 Jul 2024 01:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34845

Actions (login required)

View Item
View Item