Aplikasi E-Learning Bahasa Bugis dengan Fitur Penerjemahan Aksara Lontara Menggunakan Algoritma Knuth Morris Pratt = E-Learning Buginese Application with Lontara Script Translation Feature Using Knuth Morris Pratt Algorithm


Musyfirah, Kamtina (2024) Aplikasi E-Learning Bahasa Bugis dengan Fitur Penerjemahan Aksara Lontara Menggunakan Algoritma Knuth Morris Pratt = E-Learning Buginese Application with Lontara Script Translation Feature Using Knuth Morris Pratt Algorithm. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D121181014_skripsi_04-04-2024 cover1.png

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D121181014_skripsi_04-04-2024 1-2.pdf

Download (906kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D121181014_skripsi_04-04-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D121181014_skripsi_04-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membuka peluang baru dalam bidang pendidikan, khususnya melalui pemanfaatan e-learning. E-learning dapat menjadi sarana yang efektif untuk melestarikan dan memperkuat identitas budaya serta bahasa daerah, seperti bahasa Bugis. Konsep ini dapat diimplementasikan dalam mata pelajaran Muatan Lokal bahasa daerah kelas VII. Aplikasi e-learning berbasis Android diharapkan dapat mempermudah para siswa dalam memanfaatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi e-learning untuk mata pelajaran muatan lokal bahasa Bugis yang dilengkapi dengan fitur penerjemahan aksara Lontara menggunakan Algoritma Knuth Morris Pratt (KMP). Selain itu, penelitian ini juga akan menguji kinerja aplikasi menggunakan metode black box, serta menganalisis tingkat akurasi fitur penerjemahan aksara Lontara.
Algoritma yang digunakan pada penelitian ini yaitu algoritma Knuth Morris Pratt yang diimplementasikan ke dalam fitur penerjemahan aksara Lontara. Output dari fitur penerjemahan ini adalah aksara latin dan bahasa Indonesia.
Aplikasi e-learning bahasa Bugis dengan fitur penerjemahan aksara Lontara dapat dijalankan di platform Android. Hasil pengujian fitur penerjemahan Aksara lontara algoritma KMP berhasil melakukan penerjemahan dalam kondisi standar, yaitu ketika kata tersebut terdapat dalam korpus. Namun, algoritma KMP terbatas dalam menangani perubahan dari kata yang ada dalam korpus, ketika kata tersebut tidak terdapat dalam korpus dan pada kasus dimana kata tersebut memiliki penulisan serupa namun arti yang berbeda. Waktu yang dibutuhkan algoritma KMP untuk melakukan penerjemahan bervariasi tergantung pada urutan korpus, panjang teks dan pengulangan huruf pada teks tersebut. Selanjutnya, dilakukan pengujian usability yang terdiri dari lima kategori, dengan hasil sebagai berikut: learnability 90%, efficiency 85%, errors 71%, memorability 75% dan satisfaction 92%. Secara keseluruhan, hasil pengujian usability mencapai 86%.

Keywords : Aplikasi E-learning, Knuth Morris Pratt, Aksara Lontara, Bahasa Bugis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-learning application, Knuth Morris Pratt, Lontara script, Buginese
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:17
Last Modified: 28 Jun 2024 08:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34816

Actions (login required)

View Item
View Item