Patongloan, Zain (2020) KAPASITAS LENTUR BOX CULVERT LINTASAN KERETA API TIPE 2000 X 2000 X 1000 MM. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
D012181036_tesis1.png
Download (19kB) | Preview
D012181036_tesis 1-2.pdf
Download (910kB)
D012181036_tesis dp.pdf
Download (988kB)
D012181036_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Kereta api Trans-Sulawesi merupakan sistem perkeretaapian yang dibangun untuk menjangkau wilayah-wilayah penting di pulau Sulawesi. Dalam pembangunan jalur kereta api ruas Makassar-Parepare segmen II antara Barru-Palanro sepanjang 45 km akan banyak dibangun bangunan pelengkap, salah satunya adalah 26 unit underpass / box culvert. Dipilihnya gorong-gorong kotak ini karena kawasan antara Makassar hingga Pare-pare sering terjadi banjir yang dapat membuat jalur kereta api akan terganggu. Selain itu, gorong-gorong kotak juga berfungsi sebagai bangunan penyeberangan. Makalah ini bertujuan untuk mengevaluasi kapasitas tekuk box culvert di bawah rel kereta api. Benda uji beton pracetak gorong-gorong dua kotak dengan dimensi 2000 mm x 2000 mm x 1000 mm dengan tebal dinding 250 mm, dan diberi beban statis monotonik. Hasil uji tekuk diperoleh beban retak awal 102 kN dan 119,7 kN pada spesimen BC-1 dan BC-2. Beban retak awal ini lebih besar dari pada beban retak rancangan (Pcrack) yaitu 76,8 kN. Pembebanan dihentikan pada beban 420 kN meskipun spesimen belum mencapai beban ultimit, karena keterbatasan alat. Namun demikian, beban maksimum yang dicapai kedua spesimen tersebut melebihi beban ultimit rencana (Pult) sebesar 227,2 kN.
Kata kunci : Box culvert, kapasitas lentur
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 00:42 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:33 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3481 |