FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SELF AWARENESS PADA LANSIA HIPERTENSI DI DAERAH PEDESAAN: A SCOPING REVIEW = FACTORS INFLUENCING SELF AWARENESS IN HYPERTENSIVE ELDERLY IN RURAL AREAS: A SCOPE REVIEW


Melty, Melty (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SELF AWARENESS PADA LANSIA HIPERTENSI DI DAERAH PEDESAAN: A SCOPING REVIEW = FACTORS INFLUENCING SELF AWARENESS IN HYPERTENSIVE ELDERLY IN RURAL AREAS: A SCOPE REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012201007_tesis_08-05-2024 cover1.png

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012201007_tesis_08-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012201007_tesis_08-05-2024 dp.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012201007_tesis_08-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 May 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Terlepas dari pendidikan kesehatan, pengetahuan masyarakat serta gaya hidup yang menjadi penyebab hipertensi selama ini, self awareness (kesadaran diri) merupakan salah satu faktor yang juga menjadi penyebab dari tingginya angka kejadian hipertensi. Namun, separuh dari jumlah penderita hipertensi masih kurang menyadari akan kondisi yang mereka alami sehingga angka kejadian hipertensi masih terus meningkat. Tujuan: Untuk mengetahui tingkat self awareness pada lansia hipertensi serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya. Metode: Penyusunan penelitian scoping review ini dibuat berdasarkan framework dari panduan The Joanna Briggs Institute (2020) yaitu PRISMA-ScR .Pencarian literature penelitian dilakukan secara manual dengan menggunakan enam database sedangkan untuk kriteria inklusi melingkupi lansia hipertensi umur ≥60 tahun dengan data primer metode kuantitatif serta topic self awareness juga faktor yang mempengaruhinya dan dilakukan di area pedesaan. Hasil: Dari 298 artikel penelitian yang diperoleh, terdapat 14 artikel penelitian yang sesuai kriteria dan diinklusi serta dijadikan referensi di dalam review ini. Sebagian besar hasil tidak relevan dengan judul review dan lebih berfokus terhadap umur yang ≤ 60 tahun serta tidak dilakukan didaerah pedesaan. Selain daripada itu, kebanyakan penelitian yang diamati menunjukkan tingkat persentase self awareness pada lansia hipertensi di pedesaan kebanyakan berada pada angka persentase 35% hinggah 39%. Faktor yang memiliki pengaruh terhadap self awareness yaitu faktor demografi seperti pendidikan yang masih rendah, jenis kelamin, status pekerjaan yang dimiliki, tingkat pendapatan, status pernikahan. Selain itu, terdapat beberapa penelitian juga menyatakan faktor asuransi kesehatan, jenis aktivitas, riwayat keluarga, serta penyakit penyerta juga memberikan pengaruh terhadap self awareness pada lansia hipertensi. Kesimpulan: Meningkatkan self awareness pada lansia hipertensi di daerah pedesaan, membutuhkan pendekatan yang lebih optimal termasuk pemilihan cara lebih tepat yang sesuai dengan keterbatasan, keadaan dan lingkungan yang ada.

Keywords : self awareness, lansia hipertensi, daerah pedesaan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Self-awareness, Hyperteness, Hypertensive elderly people, rural area.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:37
Last Modified: 27 Jun 2024 06:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34751

Actions (login required)

View Item
View Item