Tillah, Hikma (2023) PENGARUH STORYTELLING TERHADAP PERILAKU KEKERASAN PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BERUA BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
R011191058_skripsi_20-02-2024 Bab 1 - Bab 2.pdf
Download (678kB)
R011191058_skripsi_20-02-2024 Cover1.jpg
Download (258kB) | Preview
R011191058_skripsi_20-02-2024 Dapus.pdf
Download (1MB)
R011191058_skripsi_20-02-2024.pdf
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Hikma Tillah, R011191058, “PENGARUH STORYTELLING TERHADAP PERILAKU KEKERASAN PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BERUA BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR” dibimbing oleh Hastuti , dan Akbar Harisa.
Latar Belakang : Storytelling merupakan sebuah seni bercerita yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menananmkan nilai-nilai kepribadian pada anak yang dilakukan tanpa perlu memerintah seorang anak. Masa usia dini sangat penting untuk diberikan ransangan atau stimulasi yang tepat terhadap anak, sehingga dapat mengoptimalkan aspek-aspek perkembangan anak. Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Makassar mencatat, bahwa kasus kekerasan anak di tahun 2022 naik 18,16% dibandingkan tahun 2021, dari 488 kasus kekerasan anak di Makassar pada tahun 2022, dari angka 200 kasus tersebut merupakan kekerasan terhadap anak. Kekerasan terhadap anak menempati urutan pertama.
Tujuan : Mengetahui pengaruh storytelling terhadap kemampuan mengendalikan perilaku kekerasan pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Berua Biringkanaya Kota Makassar.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Pre Eeksperimental Design dengan rancangan one group pre test-post test. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling dimana jumlah sampel adala 24 responden.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan p value 0,000 (< 0.05), dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh storytelling terhadap kemampuan mengendalikan perilaku kekerasan pada anak usia dini.
Kesimpulan : Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh storytelling terhadap kemampuan mengendalikan perilaku kekerasan pada anak usia dini, dilihat dari skor pre-test dan post-test pada responden mengalami penurunan skor.
Kata Kunci : Storytelling, Anak Usia Dini, Perilaku Kekerasan
Sumber Literatur : 34 kepustakaan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Storytelling, Anak Usia Dini, Perilaku Kekerasan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Keperawatan > Keperawatan |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 07:33 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 07:33 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34723 |