STRATEGI PENINGKATAN LABA OPERASIONAL PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) PERSERO


Rusdy, Hildayani (2024) STRATEGI PENINGKATAN LABA OPERASIONAL PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) PERSERO. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012221118_tesis_14-05-2024 cover1.png

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012221118_tesis_14-05-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012221118_tesis_14-05-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012221118_tesis_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

HILDAYANI RUSDY. Strategi Peningkatan Laba Operasional PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero (dibimbing oleh Rakhman Laba dan M. Sobarsyah).
PT PLN (Persero) sebagai perusahaan BUMN menghadapi masalah keuangan dikarenakan beban operasional yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan dengan pendapatan operasional yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan mengembangkan strategi bisnis PT PLN (Persero) untuk meningkatkan laba operasional perusahaan dengan melakukan analisis kinerja keuangan, analisis SWOT, serta analisis TOWS. Penelitian ini difokuskan untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan, tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dalam meningkatkan laba operasionalnya, serta strategi bisnis perusahaan sehingga dapat meningkatkan laba operasional perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk memberikan pemahaman yang komprehensif. Analisis kuantitatif melibatkan pengumpulan dan analisis data keuangan dari laporan keuangan. Adapun analisis kualitatif dilakukan melalui observasi, analisis dokumen, atau sumber data lainnya dengan tujuan mendapatkan pemahaman mendalam tentang subjek penelitian. Analisis kinerja keuangan menggunakan rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan analisis DuPont. Analisis SWOT membantu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, serta tantangan untuk meningkatkan laba operasional. Analisis TOWS membantu untuk merumuskan strategi bisnis. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kinerja keuangan belum optimal pada rasio likuiditas dan rasio profitabilitas yang menggunakan sistem DuPont. Adapun tantangan yang dihadapi perusahaan yaitu adanya regulasi pemerintah, perjanjian dengan sistem take or pay, serta fluktuasi harga bahan bakar. Sehingga rencana implementasi strategi yang dihasilkan yaitu pengembangan energi terbarukan dan penggunaan smart meter.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Laba Operasional, PT PLN (Persero), Kinerja Keuangan, Analisis SWOT, Analisis TOWS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:28
Last Modified: 27 Jun 2024 06:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34682

Actions (login required)

View Item
View Item