Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Untuk Menggunakan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Di RSUD Haji Kota Makassar = The Influence Of Brand Image On Patients Decision To Use Outpatient Health Services At Hajj Hospital Makassar City


Chairunnisa, Siti Fadia (2022) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Untuk Menggunakan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Di RSUD Haji Kota Makassar = The Influence Of Brand Image On Patients Decision To Use Outpatient Health Services At Hajj Hospital Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181346_skripsi_cover1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181346_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181346_skripsi_Dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011181346_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Brand image sangat diperlukan dalam mengevaluasi pelayanan karena dapat mempengaruhi persepsi dan keputusan pasien. Menurunnya angka kunjungan pasien adalah salah satu tanda bahwa pelayanan yang diterima tidak sesuai dengan harapan dan keinginannya oleh karena itu di era globalisasi khususnya pada pelayanan kesehatan yang semakin ketat pengaruh brand image terhadap keputusan pasien terhadap rumah sakit menjadi pokok permasalahan yang penting.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pasien untuk menggunakan pelayanan kesehatan pada instalasi rawat jalan di RSUD Haji Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 95 responden yang diambil dari jumlah kunjungan pasien 3 tahun terakhir di RSUD Haji Kota Makassar. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara brand image yang terdiri dari variabel lingkungan fisik (p= 0,000), karyawan (p= 0,000), dan pelayanan yang diberikan (p= 0,000) terhadap keputusan pasien dengan uji Chi-square di temukan bahwa p value < 0,05. Variabel yang tidak berpengaruh adalah variabel identitas instansi dengan nilai p= 0,131 (p value >0,05). Hasil uji regresi linear berganda mengatakan bahwa dimensi yang paling berpengaruh adalah variabel pelayanan yang diberikan dengan nilai signifikan 0,002 < 0,005. Saran untuk pihak rumah sakit agar memperbaiki pelayanan yang ada di rumah sakit dengan memperhatikan dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang diharapkan pasien.

Keywords : Brand image, Keputusan, Rumah sakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brand image, Decision, Hospital
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Unnamed user with username stfathirahs
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:49
Last Modified: 07 Jun 2024 01:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34538

Actions (login required)

View Item
View Item