PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN META-LEADERSHIP PADA MANAGER RUMAH SAKIT KELAS B DI KOTA MAKASSAR PROVINSI SULAWESI SELATAN = DEVELOPMENT OF METALEADERSHIP MEASUREMENT INSTRUMENTS FOR CLASS B HOSPITAL MANAGERSIN MAKASSAR CITY SOUTH SULAWESI PROVINCE


Ridwan, M. (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN META-LEADERSHIP PADA MANAGER RUMAH SAKIT KELAS B DI KOTA MAKASSAR PROVINSI SULAWESI SELATAN = DEVELOPMENT OF METALEADERSHIP MEASUREMENT INSTRUMENTS FOR CLASS B HOSPITAL MANAGERSIN MAKASSAR CITY SOUTH SULAWESI PROVINCE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
K022202025_tesis_19-03-2024 cover1.png

Download (276kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K022202025_tesis_19-03-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K022202025_tesis_19-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

M.RIDWAN Pengembangan indikator pengukuran meta- leadership di rumah sakit (dibimbing oleh Syahrir A Pasinringi dan Andi Zulkifli).
Latar Belakang. Produktifitas rumah sakit dapat dilihat dari indikator efektifitas dan efisiensi dari pelayanan serta indikator keuangannya. Rata-rata capaian BOR rumah sakit adalah 44,1 % di bawah standar yang ditetapkan Kemenkes yaitu 65 - 80 % yang merupakan salah satu indikator tingkat produktifitas rumah sakit yang masih rendah.Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan indikator instrumen pengukuran meta-leadership pada manager rumah sakit dengan studi kasus rumah sakit di kota Makassar Sulawesi Selatan. Metode, Kajian kualitatif ini berkonsentrasi pada mengeksplorasi indikator instrumen pengukuran meta-leadership. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan variabel dan butir-butir pertanyaan dengan memakai dua cara yaitu in-depth interview, dan Focus gruop discussion (FGD). Informan kunci mencakup pakar rumah sakit dari instansi Polri dan pemerintah, praktisi medis dan akademisi. Sebanyak 6 informan kunci dilibatkan dalam indepth interview semi terstruktur secara tatap muka dan telepon. Focus gruop discussion (FGD) dengan 4 narasumber. Data dianalisis menggunakan pendekatan Grounded theory untuk menemukan indikator pengukuran metaleadership pada manager rumah sakit. Hasil studi ini mengidentifikasi sejumlah indikator yang penting bagi instrumen pengukuran meta-leadership pada manager rumah sakit untuk meningkatkan produkitifitas rumah sakit dalam kondisi yang disrupsi. Kesadaran diri, manajemen diri,kepemimpinan authentik yang resonant, kesadaran situasional, negosiasi dan resolusi konflik, manajemen kompleksitas, pengambilan keputusan berdasarkan data, analisis risiko, pengambilan keputusan strategis dan manajemen pengetahuan adalah indikator-indikator. Indikator berfokus pada kemampuan manajer rumah sakit untuk mengatasi disrupsi karena dunia bisnis rumah sakit berkembang dengan cepat, tidak stabil dan masa depan yang tidak pasti.
Kesimpulan Indikator-indikator yang teridentifikasi dalam penelitian ini dapat diaplikasikan untuk instrumen pengukuran model meta-leadership pada manajer rumah sakit dalam konteks volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas dan ambiguitas (VUCA) yang relevan dengan rumah sakit di kota Makassar Sulawesi Selatan.

Keywords : Pengembangani,indikator,rumah sakit, meta-leadership

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Development, Indicators, Hospital, Melta-leadership
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:45
Last Modified: 07 Jun 2024 06:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34520

Actions (login required)

View Item
View Item