Pengaruh Program Diabetes Self-Management Education Berbasis Health Coaching dalam Meningkatkan Self-Care Management Pasien Diabetes Mellitus Type 2 di Kabupaten Bulukumba = The Influence of the Diabetes Self-Management Education Program Based on Health Coaching in Improving Self-Care Management for Type 2 Diabetes Mellitus Patients in Bulukumba


Amalia, Nursyamsi (2024) Pengaruh Program Diabetes Self-Management Education Berbasis Health Coaching dalam Meningkatkan Self-Care Management Pasien Diabetes Mellitus Type 2 di Kabupaten Bulukumba = The Influence of the Diabetes Self-Management Education Program Based on Health Coaching in Improving Self-Care Management for Type 2 Diabetes Mellitus Patients in Bulukumba. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012192033_tesis_01-04-2024 cover1.png

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012192033_tesis_01-04-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012192033_tesis_01-04-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012192033_tesis_01-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 June 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

NURSYAMSI AMALIA. Pengaruh Program Diabetes Self-Management Education Berbasis Health Coaching dalam Meningkatkan Self-Care Management Pasien Diabetes Mellitus Type 2 di Kabupaten Bulukumba. (Dibimbing oleh Darmansyah dan Indar).
Latar Belakang. Banyaknya penderita Diabetes Melitus yang kurang memiliki motivasi untuk sembuh dapat dipengaruhi oleh peran krusial tenaga kesehatan dalam melaksanakan intervensi, termasuk penerapan Diabetes Self Manajemen Education berbasis pendekatan health coaching untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian pasien dalam manajemen penyakit. Tujuan. Menganalisis pengaruh program DSME berbasis health coaching oleh tenaga kesehatan terhadap manajemen perawatan diri pasien diabetes mellitus type 2 di Kabupaten Bulukumba. Metode. Metode penelitian yang diterapkan melibatkan Quasi Experimental study. Penelitian dilaksanakan di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba, dengan sampel tenaga kesehatan yang telah sertifikasi pelatihan DSME menggunakan pendekatan health coaching dengan total responden berjumlah 42 orang, dan pengambilan sampel dilakukan dengan consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan hasil kimia klinik serta analisis data dengan metode univariat dan bivariat. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, setelah pelatihan DSME berbasis health coaching, terdapat perbedaan perawatan diri diabetes serta peningkatan kemampuan mereka dalam memberikan DSME berbasis health coaching. Selain itu, pada pasien DMT2 kelompok intervensi yang menerima DSME berbasis health coaching, terlihat perbedaan yang positif dalam pengetahuan dan manajemen perawatan diri diabetes, serta hasil klinik HbA1c, total kolesterol, dan tekanan darah, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menerima program pendidikan DSME rutin di Puskesmas. Kesimpulan. Intervensi health coaching ini dapat direkomendasikan kepada perawat di komunitas, terutama petugas prolanis, untuk diimplementasikan pada pasien DMT2, serta memiliki potensi untuk dikembangkan ke penyakit tidak menular lainnya seperti hipertensi dan sejenisnya.

Keywords : Diabetes; Diabetes Self Management Education; Health Coaching; self-care management

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Diabetes, DSME, HC, Self-care Management
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:16
Last Modified: 10 Jun 2024 07:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34454

Actions (login required)

View Item
View Item