EVALUASI PELAKSANAAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) PADA KULIAH KERJA NYATA PROFESI KESEHATAN (KKN-PK) UNIVERSITAS HASANUDDIN


ASRIYANI, AYU (2019) EVALUASI PELAKSANAAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) PADA KULIAH KERJA NYATA PROFESI KESEHATAN (KKN-PK) UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_C12115307_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
19_C12115307(FILEminimizer)..ok 1-2.pdf

Download (986kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
19_C12115307(FILEminimizer)..ok dapus-lam.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
19_C12115307(FILEminimizer)..ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Ayu Asriyani C12115307. EVALUASI PELAKSANAAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION PADA KULIAH KERJA NYATA PROFESI KESEHATAN (KKN-PK) DI UNIVERSITAS HASANUDDIN. Dibimbing oleh Kusrini K Kadar dan Nurhaya Nurdin.
Latar Belakang: Interprofessional Education (IPE) merupakan tahap awal untuk memperkenalkan kepada mahasiswa tentang kolaborasi dan mencapai kerja tim dalam kolaborasi yang sukses. IPE di Universitas Hasanuddin dilaksanakan dalam bentuk Kuliah-Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKN-PK). Evaluasi penerapan IPE penting untuk mempertajam pemahaman, melihat perubahan atau peningkatan dan efektivitas program.Tujuan: Penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan IPE pada KKN-PK Universitas Hasanuddin yang ditinjau dari sudut pandang mahasiswa rumpun ilmu kesehatan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskripstif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dimana hasil pendekatan kualitatif sebagai pendukung hasil penelitian kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini adalah 245 mahasiswa rumpun ilmu kesehatan yang telah mengikuti KKN-PK. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling menggunakan tools penilaian evaluasi pelaksanaan interprofessional education pada kuliah kerja nyata profesi kesehatan yang terdiri dari kuesioner evalusi kerja tim interprofessional antar profesi, kesiapan pembelajaran interprofessional, persepsi pendidikan interprofessional pada KKN-PK dan sikap terhadap tim pelayanan interprofessional. Pengambilan data kualitatif menggunakan wawancara terpimpin. Hasil: Penelitian ini menunjukkan pelaksanaan IPE pada KKN-PK berada dalam kategori baik. Di mana terlihat dari evaluasi kerja tim yang sudah baik antara mahasiswa interprofesi, kesiapan terhadap pembelajaran interprofessional yang tinggi pada mahasiswa, persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran IPE pada KKN-PK yang baik dan sikap mahasiswa terhadap tim pelayanan interprofesional yang positif. Kesimpulan & saran: Evaluasi pelaksanaan IPE pada KKN-PK di Universitas Hasanuddin menunjukkan bahwa rata-rata nilai dalam kategori tinggi, namun, dilihat dari hasil wawancara mahasiwa pengalaman pelaksanaan IPE pada KKN-PK belum optimal. Oleh karena itu, IPE perlu diperkenalkan lebih awal, perlu ditingkatkan dengan membuat program IPE dalam bentuk berbeda dan dibuatkan kurikulum serta dilaksanakan secara berkelanjutan. Kata Kunci: Evaluasi, Interprofessional Education, Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesahatan (KKN-PK). Sumber Literatur 57kepustakaan (2000-2018)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2021 00:13
Last Modified: 18 Mar 2021 00:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item
View Item