Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Di Puskesmas Tamangapa Kota Makassar Tahun 2023 = The Relationship between Health Service Quality and Outpatient Satisfaction of BPJS Health Participants at Tamangapa Public Health Center, Makassar City in 2023


Ramadhan, Muh. Fitrah Amastasah (2023) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Di Puskesmas Tamangapa Kota Makassar Tahun 2023 = The Relationship between Health Service Quality and Outpatient Satisfaction of BPJS Health Participants at Tamangapa Public Health Center, Makassar City in 2023. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011191172_skripsi_13-02-2024 cover1.png

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011191172_skripsi_13-02-2024 1-2.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011191172_skripsi_13-02-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full teks] Text (Full teks)
SKRIPSI FITRAH (1).pdf

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Data survei kepuasan yang didapatkan di Dinas Kesehatan Kota Makassar paling rendah kinerja pelayanannya yaitu, Puskesmas Tamangapa dengan Indeks Kepuasan Masyarakat pada tahun 2018 sebesar 72,88 % jika dibandingkan dengan tahun 2022 terjadi penurunan survei kepuasan sebesar 71,5 %.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana respon yang diberikan oleh pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Tamangapa Kota Makassar pada bulan September – November 2023. Populasi didalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan peserta BPJS, yaitu diambil pada tahun 2022 selama 3 bulan terakhir Oktober - Desember sebanyak 3.677 dengan pengambilan sampel meggunakan teknik non probability accidental sampling sebanyak 105 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, serta pengolahan data menggunakan program SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan dimensi kompetensi teknis (p = 0,023), hubungan antarmanusia (p = 0,044), kenyamanan (p = 0,000), informasi (p = 0,010), ketepatan waktu (p = 0,021) dan tidak ada hubungan dimensi kesinambungan (p = 0,322) dengan kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Tamangapa Kota Makassar Tahun 2023.
Diharapkan kepada petugas kesehatan khususnya dokter terutama pada saat pencatatan rekam medis sekurang-kurangnya memuat riwayat penyakit, catatan observasi klinis, hasil pemeriksaan fisik serta penunjang medis dan lain-lain. Hal ini dapat memberikan kesempatan kepada pasien untuk melanjutkan pengobatannya ke yang lebih spesialistik. Selain itu, melakukan sosialiasi secara baik dan mudah dimengerti oleh pasien tentang alur pelayanan BPJS Kesehatan.

Keywords : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, BPJS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, BPJS
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:21
Last Modified: 11 Jun 2024 07:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34422

Actions (login required)

View Item
View Item