Literature review: Efektivitas teh hitam (camellia sinensis (L.) kuntze) dalam menghambat pertumbuhan bakteri streptococcus mutans penyebab karies gigi = Literature review: Effectiveness of black tea (camellia sinensis (L.) kuntze) in inhibiting the growth of streptococcus mutans bacteria causing caries


Qurrataayun, Suniyah Azzahra (2023) Literature review: Efektivitas teh hitam (camellia sinensis (L.) kuntze) dalam menghambat pertumbuhan bakteri streptococcus mutans penyebab karies gigi = Literature review: Effectiveness of black tea (camellia sinensis (L.) kuntze) in inhibiting the growth of streptococcus mutans bacteria causing caries. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011201118_skripsi_15-02-2024 cover1.png

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011201118_skripsi_15-02-2024 1-2.pdf

Download (665kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011201118_skripsi_15-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011201118_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

EFEKTIVITAS TEH HITAM (CAMELLIA SINENSIS (L.) KUNTZE) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI STREPTOCOCCUS MUTANS PENYEBAB KARIES.
Latar Belakang: Menurut federation dentaire international (FDI) world dental federation, masalah kesehatan gigi dan mulut yang umum terjadi di masyarakat dunia yaitu karies gigi. Sekitar 2,43 miliar atau 36 % dari penduduk dunia mengalami karies. Karies gigi merupakan proses demineralisasi struktur gigi karena asam yang dihasilkan bakteri. Salah satu mikroorganisme dominan penyebab karies gigi yaitu streptococcus mutans. streptococcus mutans memiliki sifat asidurik dan asidogenik yang berperan dalam proses terjadinya karies. Pencegahan karies yang dapat dilakukan yaitu dengan metode kimiawi dan mekanik. Metode kimiawi dapat digunakan bahan alami seperti teh hitam yang memiliki kandungan antibakteri. Kandungan polifenol dalam teh hitam mampu menghambat pertumbuhan streptococcus mutans dengan menurunkan kemampuan streptococcus mutans menghasilkan asam dan berkoloni dengan bakteri lainnya. Tujuan: Untuk memberikan informasi mengenai efektivitas teh hitam (Camelia sinensis (L.) kuntze) dalam menghambat pertumbuhan bakteri streptococcus mutans. Metode: penulisan yang dilakukan merupakan literature review. Literature review merupakan metode yang dilakukan untuk mensintesis hasil penelitian secara sistematik dari berbagai sumber yang relevan terkait dengan suatu topik tertentu yang menjadi masalah dan tujuan penulisan. Hasil: Berdasarkan hasil literature review pada dua belas jurnal, teh hitam mampu menghambat bakteri streptococcus mutans. Kemampuan teh hitam dalam menghambat bakteri streptococcus mutans dilihat berdasarkan besarnya konsentrasi dan suhu seduhan. Semakin besar konsentari dari teh hitam maka daya hambat yang dihasilkan akan Semakin baik. Suhu seduhan panas memberikan efek penghambatan yang lebih baik karena pelepasan polifenol yang lebih banyak pada seduhan panas. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penulisan literature review dapat disimpulkan bahwa efektivitas teh hitam dalam menghambat pertumbuhan streptococcus mutans dilihat dari konsentrasi dan suhu seduhan teh hitam.

Kata Kunci: Dental karies, Streptococcus mutans, Antibakteri, Teh hitam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dental caries, Streptococcus mutans, Antibacterial, Black tea
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Ilmu Konservasi Gigi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2024 00:19
Last Modified: 28 Jun 2024 00:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34387

Actions (login required)

View Item
View Item