UJI TOKSISITAS EKSTRAK TERIPANG EMAS (Stichopus hermanii) MELALUI PEMANTAUAN KADAR SERUM GLUTAMIC OXALOACETIC TRANSAMINASE (SGOT) DAN SERUM GLUTAMIC PIRUVIC TRANSAMINASE (SGPT) PADA TIKUS (Rattus novergicus) = TOXICITY TEST OF GOLDEN SEA CUCUMBER EXTRACT (Stichopus hermanii) THROUGH MONITORING SERUM GLUTAMIC OXALOACETIC TRANSAMINASE (SGOT) AND SERUM GLUTAMIC PIRUVIC TRANSAMINASE (SGPT) LEVELS IN RATS (Rattus novergicus)


Rivai, Zahrah Ilham (2023) UJI TOKSISITAS EKSTRAK TERIPANG EMAS (Stichopus hermanii) MELALUI PEMANTAUAN KADAR SERUM GLUTAMIC OXALOACETIC TRANSAMINASE (SGOT) DAN SERUM GLUTAMIC PIRUVIC TRANSAMINASE (SGPT) PADA TIKUS (Rattus novergicus) = TOXICITY TEST OF GOLDEN SEA CUCUMBER EXTRACT (Stichopus hermanii) THROUGH MONITORING SERUM GLUTAMIC OXALOACETIC TRANSAMINASE (SGOT) AND SERUM GLUTAMIC PIRUVIC TRANSAMINASE (SGPT) LEVELS IN RATS (Rattus novergicus). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
J011201108_skripsi_15-02-2024 cover1.png

Download (198kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011201108_skripsi_15-02-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011201108_skripsi_15-02-2024 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011201108_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2026.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Indonesia merupakan penghasil teripang terbesar didunia. Salah satu bahanalam yang berpotensi dan dapatdi uji yang memiliki banyak kandungan bermanfaat adalah teripang emas (Stichopus hermani),untuk mengevaluasi sifat toksik dari kandungan ekstrak teripang emas (Stichopus hermani) yang diasumsikandapat memberikan manfaat terhadap kesehatan manusia. Uji toksisitas dilakukan untuk mendeteksi efek toksik terhadap hewan uji yang dapat dijadikan sebagai gambaran untuk mengurangi risiko, walaupun hasil uji toksisitas tidak dapat digunakan secara mutlak sebagai bukti keamanan suatu bahan maupun sediaan pada manusia namun dapat memberikan gambaran terhadap adanya toksisitasrelatif dan membantu identifikasi efek toksik bila dilakukanpenggunaan pada manusia. Tujuan: Untuk mengetahui adanya toksisitas ekstrak teripang emas (Stichopus hermanii) pada tikus (Rattus novergicus) melalui pemantauan kadar SGOTdan SGPT. Metode: Jenispenelitian in merupakan penelitianeksperimental laboratorium. Sampelpenelitian in menggunakan tikus wistar jantan sebanyak 12 ekor yang terbagi menjadi4 kelompok. Setiap kelompok diberikanekstrak teripang emas dengan dosis yang berbeda dandilakukan pengambilan darahawal dan akhir untuk pengukuran parameter SGOT dan SGPT. Hasil: Pada hasil penelitian ini terjadi peningkatan pada kadar SGOT dan SGPT dengan hail yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan: Terjadi peningkatan nilai kadar SGOT dan SGPT pada uji toksisitas ekstrak teripang emas dan tidak menyebabkan toksisitas.

Kata Kunci: EkstrakTeripang Emas (Stichopus hermani), UjiToksisitas, SGOT, SGPT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Golden Sea Cucumber extract, Toxicity Test, SGOT, SGPT
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Biologi Oral
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:48
Last Modified: 27 Jun 2024 01:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34380

Actions (login required)

View Item
View Item