HUBUNGAN STATUS PENDIDIKAN DAN STATUS SOSIAL IBU TERHADAP KEJADIAN CLEFT LIP DAN CLEFT PALATE LITERATURE REVIEW = The Relationship between Maternal Educational and Social Status on the Incidence of Cleft Lip and Cleft Palate


Hayatunnisa, Yadul Ulya (2023) HUBUNGAN STATUS PENDIDIKAN DAN STATUS SOSIAL IBU TERHADAP KEJADIAN CLEFT LIP DAN CLEFT PALATE LITERATURE REVIEW = The Relationship between Maternal Educational and Social Status on the Incidence of Cleft Lip and Cleft Palate. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
J011201103_skripsi_15-02-2024 cover1.png

Download (246kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011201103_skripsi_15-02-2024 1-2.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011201103_skripsi_15-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011201103_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2026.

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Cleft lip dan cleft palate merupakan anomali kraniofasial yang paling sering terjadi. Prevalensi kelahiran dengan kondisi cleft lip dan cleft palate di seluruh dunia yaitu 1 dari 700 kelahiran. Kondisi ini dapat menimbulkan masalah estetika, masalah makan dan masalah kemampuan bicara. Etiologi cleft lip dan cleft palate bersifat multifaktorial, dimana faktor risikonya dapat berasal dari genetik dan lingkungan. Secara embriologi, cleft lip disebabkan akibat kegagalan parsial maupun total yang terjadi selama proses pembentukan palatum primer, sedangkan cleft palate terjadi karena kegagalan pembentukan palatum sekunder. Pendidikan memiliki peran penting dalam mentransfer ilmu kesehatan. Pendidikan seorang ibu akan berpengaruh terhadap upaya yang dilakukan untuk pencegahan primer terhadap kejadian cleft lip dan cleft palate. Status sosial ekonomi ibu juga dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi di masa kehamilan. Ibu dengan status sosial ekonomi lebih tinggi akan lebih mudah dalam menerapkan kebiasaan hidup sehat dan mempersiapkan hal-hal yang menunjang kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan, termasuk pemenuhan gizi dan pelayanan kesehatan. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan status pendidikan dan status sosial ekonomi ibu terhadap kejadian cleft lip dan cleft palate. Metode : Metode penulisan berupa literature review, dengan tahapan yaitu, mengidentifikasi masalah, mengumpulkan artikel yang sesuai dengan topik, melakukan tinjauan literatur dengan metode sintesis informasi dari literatur atau jurnal yang dijadikan sebagai acuan. Hasil : Dalam penulisan ini didapatkan bahwa ibu dengan status pendidikan dan status sosial ekonomi lebih tinggi memiliki pengetahuan yang lebih luas terkait cacat lahir, dan sikap serta praktik yang lebih baik dalam mencegah risiko. Adapun risiko cleft lip dengan/tanpa cleft palate meningkat pada status pendidikan dan status sosial ekonomi lebih rendah. Namun tidak dengan cleft palate saja. Kesimpulan : Status pendidikan dan status sosial ekonomi ibu berhubungan dengan cleft lip dengan/tanpa cleft palate, tetapi tidak dengan cleft palate saja.

Keywords : Cleft lip dan cleft palate, Status pendidikan ibu dan cleft lip dan cleft palate, Status sosial ekonomi ibu dan cleft lip dan cleft palate.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cleft lip and cleft palate, maternal educational status and cleft lip and cleft palate, maternal socio-economic status and cleft lip and cleft palate.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Bedah Mulut dan Maksilofasial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:42
Last Modified: 27 Jun 2024 01:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34376

Actions (login required)

View Item
View Item