Modifikasi Permukaan Titanium Implan Secara Biologi Dalam Meningkatkan Proses Osseointegrasi Pada Perawatan Implan = Biological Modification On Titanium Implant Surface To Improving The Osseointegration Process In Implant Treatment


Ramadhani, Erika (2023) Modifikasi Permukaan Titanium Implan Secara Biologi Dalam Meningkatkan Proses Osseointegrasi Pada Perawatan Implan = Biological Modification On Titanium Implant Surface To Improving The Osseointegration Process In Implant Treatment. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011201098_skripsi_15-02-2024 cover1.png

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011201098_skripsi_15-02-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011201098_skripsi_15-02-2024 dp.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011201098_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Menurut RISKESDAS tahun 2018 indeks kehilangan gigi di Indonesia sebesar 19% dengan prevalensi penggunaan gigi tiruan di Indonesia sebesar 1,4% sedangkan penggunaan implan gigi di Indonesia sebesar 0,2%. Implan gigi merupakan salah satu metode untuk memberikan retensi dan dukungan kekuatan pada pemasangan gigi tiruan. Bahan yang banyak digunakan untuk implan gigi adalah jenis titanium (Ti) karena memiliki beragam keuntungan seperti memiliki biokompatibilitas yang baik. Namun, selain itu materia (Ti) memiliki kekurangan dalam menghasilkan osseointegrasi. Modifikasi permukaan implan secara biologi merupakan tahap untuk mengontrol fenomena interface antara implan dengan jaringan biologi. Perlakuan ini diharapkan dapat meningkatkan sifat biologis permukaan dalam bentuk peningkatan adhesi dan migrasi sel atau pengiriman berbagai protein, enzim atau peptida pada permukaan implan. Tujuan: Penulisan kajian literatur ini bertujuan untuk mengetahui apa saja komponen biologi yang dapat digunakan untuk modifikasi permukaan titanium implan dalam meningkatkan proses osseintegrasi serta bagaimana pengaruh dari modifikasi permukaan titanium implan secara biologi terhadap peningkatan dari proses osseointegrasi. Metode: literature review. Penelusuran dan penelitian kepustakaan dengan membaca buku, jurnal, review artikel dan terbitan-terbitan lain yang terkait dengan topik penelitian/penulisan, untuk menghasilkan suatu topik atau isu tertentu, seperti untuk menghasilkan sebuah tulisan ilmiah, seperti skripsi, tesis, dan disertasi. Hasil: Berdasarkan kajian literatur dan analisis sintesa jurnal yang telah dilakukan,modifikasi permukaan secara biologi dapat dilakukan untuk meningkatkan proses osseointegrasi pada perawatan implan berbahan titanium. Kesimpulan: Modifikasi permukaan yang dilakukan pada permukaan implan dapat mengubah morfologi dan sifat biologis (komposisi) dari permukaan implan gigi berbahan titanium sehingga dapat membantu pembentukan tulang baru antar implan dengan tulang dan hal ini dapat meningkatkan proses osseointegrasi antara tulang dan implan gigi berbahan titanium. Modifikasi permukaan implan dengan teknik penggabungan memiliki hasil yang baik dalam mempercepat proses osseointegrasi.

Keywords : modifikasi permukaan secara biologi, implan gigi titanium, osseointegrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biological surface modification, titanium dental implant, osseointegration.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Dokter Gigi Periodonsia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:34
Last Modified: 27 Jun 2024 01:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34368

Actions (login required)

View Item
View Item