KANDUNGAN FLAVONOID DAN SAPONIN SERTA UJI DAYA HAMBAT ECO ENZYME TERHADAP Lactobacillus acidophilus = THE FLAVONOID AND SAPONIN CONTENTS WITH ECO ENZYME INHIBITION TEST OF Lactobacillus acidophilus


Alda, Alda (2023) KANDUNGAN FLAVONOID DAN SAPONIN SERTA UJI DAYA HAMBAT ECO ENZYME TERHADAP Lactobacillus acidophilus = THE FLAVONOID AND SAPONIN CONTENTS WITH ECO ENZYME INHIBITION TEST OF Lactobacillus acidophilus. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
J011201093_skripsi_15-02-2024 cover1.png

Download (255kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011201093_skripsi_15-02-2024 1-2.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011201093_skripsi_15-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011201093_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh yang tidak dapat dipisahkan. Masalah kesehatan gigi dan mulut terutama karies masih banyak dikeluhkan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018, menunjukkan bahwa jumlah masalah gigi terbesar di Indonesia adalah gigi berlubang (karies) dengan persentase 43,5%. Bakteri kariogenik yang terdapat di dalam mulut yang diketahui secara umum yaitu yaitu Streptococcus mutans dan Lactobacillus acidophilus (L. acidophilus). L. acidophilus mampu memproduksi asam organik yang menyebabkan penurunan pH mulut secara drastis kemudian membentuk koloni lapisan awal plak dan perlekatan bakteri yang dapat menyebabkan kegagalan tumpatan gigi, sehingga menyebabkan karies sekunder. Oleh karena itu, diperlukannya upaya untuk menekan pertumbuhan L. acidophilus, salah satunya dengan menggunakan bahan antibakteri yang biasa terdapat pada pasta gigi dan obat kumur. Salah satu alternatif pengobatan yaitu eco enzyme yang mengandung senyawa yang bermanfaat sebagai obat untuk antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi. Tujuan: Untuk mengetahui apakah eco enzyme mengandung alkaloid dan saponin, dan juga apakah eco enzyme dapat menghambat pertumbuhan bakteri L. acidophilus. Metode: Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimental atau penelitian ilmiah di Laboratorium dengan melakukan uji fitokimia dan uji coba aktivitas daya hambat pertumbuhan bakteri atau mikroorganisme. Hasil: Pada penelitian uji fitokimia dilihat bahwa sampel eco enzyme 5 jenis kulit buah dan 10 jenis kulit buah tidak ditemukan kandungan senyawa flavonoid karena tidak adanya warna jingga dan saponin karena tidak terdapat buih setelah diamati. Pada penelitian uji daya hambat berdasarkan uji statistik dengan menggunakan uji independent sample t-test terdapat perbedaan yang signifikant daya hambat terhadap bakteri L. acidophilus antara eco enzyme dari 5 jenis kulit buah dibandingkan dengan eco enzyme dari 10 jenis kulit buah (p<0.05). Kesimpulan: Eco enzyme tidak memiliki kandungan senyawa flavonoid dan senyawa saponin dan Eco enzyme 5 jenis kulit buah dan 10 jenis kulit buah dapat menghambat bakteri L. acidophilus.

Kata Kunci: Karies, Lactobacillus acidophilus, Eco Enzyme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Caries, Lactobacillus acidophilus, Eco Enzyme
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Biologi Oral
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:57
Last Modified: 26 Jun 2024 06:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34348

Actions (login required)

View Item
View Item