Aktivitas Antioksidan, Randemen, Viskositas dan Kadar Air Vla Susu pada Pai Buah dengan Penggunaan Susu dan Maizena yang Berbeda = Antioxidant Activity, yield, Viscosity and Moisture Content of Milk Vla in Milk Fruit Pies with Different Additions of Milk and Maizena


Zamsuddin, Adi (2024) Aktivitas Antioksidan, Randemen, Viskositas dan Kadar Air Vla Susu pada Pai Buah dengan Penggunaan Susu dan Maizena yang Berbeda = Antioxidant Activity, yield, Viscosity and Moisture Content of Milk Vla in Milk Fruit Pies with Different Additions of Milk and Maizena. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
I011201193_skripsi_27-03-2024 cover1.png

Download (125kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011201193_skripsi_27-03-2024 1-2.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011201193_skripsi_27-03-2024 dp.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011201193_skripsi_27-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 March 2026.

Download (873kB)

Abstract (Abstrak)

ADI ZAMSUDDIN. I 011 20 1193. Aktivitas Antioksidan, Randemen, Viskositas dan Kadar Air Vla Susu pada Pai Buah dengan Penggunaan Susu dan Maizena yang Berbeda. Pembimbing Utama: Fatma Maruddin dan Pembimbing Anggota: Wahniyathi. Penggunaan susu bubuk dan maizena dalam pembuatan vla susu pada pai buah memiliki peran penting dalam menentukan aktivitas antioksidan, dan karakteristik fisik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan susu bubuk dan maizena dalam pembuatan vla susu pada pai buah terhadap aktivitas antioksidan, rendemen, viskositas, dan kadar air. Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap dua faktorial yang terdiri dari penggunaan susu dan penggunaan maizena yang berbeda. Pengujian antioksidan dilakukan dengan metode DPPH, Kemudian Pengujian viskositas menggunakan viskometer otswald dan pengujian kadar air dilakukan dengan metode pengeringan di suhu 105oc. Hasil penelitian aktivitas antioksidan, rendemen, viskositas, dan kadar air menunjukkan bahwa penggunaan susu bubuk dan maizena yang berbeda tidak berpengaruh terhadap interaksi penggunaan susu dan maizena. Analisis ragam penggunaan susu berpengaruh pada aktivitas antioksidan, viskositas dan kadar air. Analisisi ragam penggunaan maizena berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan dan viskositas. Sehingga peningkatan penggunaan susu bubuk dalam pengolahan vla susu menyebabkan peningkatan aktivitas antioksidan dan viskositas, dan penurunan kadar air, sedangkan rendemen tidak mengalami perubahan. Peningkatan penggunaan maizena dalam pengolahan vla susu menyebabkan peningkatan aktivitas antioksidan dan viskositas, sedangkan kadar air dan rendemen tidak mengalami perubahan. Maka tidak terdapatnya interaksi antara perlakuan penggunaan susu bubuk dan maizena dalam pengolahan susu terhadap aktivitas antiokidan, viskositas, kadar air dan rendemen menjadi hal penting dalam pengendalian proporsional antara susu bubuk dan maizena untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sehingga pembuatan vla susu pada pai buah sebaiknya menggunakan susu bubuk 13% dan maizena 10%.

Kata kunci: Antioksidan, Kadar air, Maizena, Rendemen, Susu, Viskositas, Vla Susu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antioxidant, Maizena, Milk, Moisture content, UHT, Viscosity, Dairy Vla, Yield.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Jun 2024 00:23
Last Modified: 26 Jun 2024 00:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34305

Actions (login required)

View Item
View Item