STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS SAYURAN HIDROPONIK (Studi Kasus Pada CV. Akar Hidroponik Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros) = Hydroponic Vegetable Agribusiness Business Development Strategy (Case Study in CV. Akar Hidroponik Moncongloe Subdistrict, Maros District)


Alkadri, Trianti (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS SAYURAN HIDROPONIK (Studi Kasus Pada CV. Akar Hidroponik Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros) = Hydroponic Vegetable Agribusiness Business Development Strategy (Case Study in CV. Akar Hidroponik Moncongloe Subdistrict, Maros District). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P042202019_tesis_21-03-2024 cover1.png

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P042202019_tesis_21-03-2024 1-2.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P042202019_tesis_21-03-2024 dp.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P042202019_tesis_21-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Berbagai elemen internal dan eksternal mempengaruhi perkembangan bisnis apa pun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam merancang strategi agribisnis, serta mengembangkan dan menawarkan alternatif strategi pengembangan produk untuk usaha sayuran hidroponik. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, wawancara dan evaluasi menggunakan analisis matriks SWOT dan QSPM. Perusahaan saat ini menghadapi kekurangan internal seperti kurangnya sumber daya manusia, desain kemasan yang tidak memadai, promosi produk yang kurang baik dan ketidakteraturan dalam operasional administratifnya. Pada sisi eksternal, CV. Akar Hidroponik dapat memanfaatkan banyak prospek untuk ekspansi bisnis. Hal ini mencakup peningkatan permintaan sayuran, kemungkinan pembukaan gerai baru di berbagai lokasi di Kota Makassar, partisipasi dalam berbagai acara untuk meningkatkan visibilitas merek, menjalin kemitraan strategis dengan pemangku kepentingan lainnya, dan beradaptasi dengan perubahan gaya hidup konsumen. Namun demikian, terdapat juga kekhawatiran eksternal yang harus diwaspadai oleh korporasi, seperti ketatnya persaingan dengan perusahaan lain yang memiliki teknik pemasaran lebih baik, keluhan pelanggan, perlunya mengikuti perkembangan teknologi, dan daya tawar konsumen. Berdasarkan hasil analisis matriks IFAS dan EFAS. CV. Akar Hidroponik berada pada kuadran I dengan nilai 1,79 dan 0,84 yang sesuai dengan pertumbuhan dan pembangunan. Ini adalah taktik lain yang dapat digunakan CV berdasarkan studi QSPM. CV. Akar Hidroponik menjaga dan meningkatkan pelayanan untuk mempertahankan pelanggan dengan cara menghindari kekurangan produksi yang disebabkan oleh banyaknya pesaing perusahaan, meningkatkan kualitas pelayanan yang dilaksanakan perusahaan secara langsung maupun tidak langsung dengan pelanggan, serta menjaga dan meningkatkan citra perusahaan untuk meningkatkan keunggulan perusahaan dalam bersaing. menghadapi persaingan.

Keywords : Strategi, Usaha, Sayuran, Hidroponik

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Usaha, Sayuran, Hidroponik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Agribisnis
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 24 Jun 2024 05:55
Last Modified: 24 Jun 2024 05:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34253

Actions (login required)

View Item
View Item