Pamirring, Ulfa Alfrianata (2023) PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK FROZEN FOOD BAKSO SIXONE 77 MAIWA BREEDING CENTER (STUDI KASUS DI SHOWROOM MAIWA BREEDING CENTER FAKULTAS PETERNAKAN) = Application of the Marketing Mix to Frozen Food Products Bakso Sixone 77 Maiwa Breeding Center (Case Study at the Maiwa Breeding Center Showroom, Faculty of Animal Husbandry). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
I011181371_skripsi_16-01-2024 cover1.png
Download (167kB) | Preview
I011181371_skripsi_16-01-2024 1-2.pdf
Download (470kB)
I011181371_skripsi_16-01-2024 dp.pdf
Download (369kB)
I011181371_skripsi_16-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran produk frozen food bakso sixone 77 yang diterapkan di showroom Maiwa Breeding Center (MBC). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2023 di Showroom MBC Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi lapangan yang mencakup observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran dari segi harga Showroom MBC menetapkan harga berdasarkan biaya produksi, harga jual pasaran, dan memberikan potongan harga dengan syarat dan ketentuan. Segi produk Showroom MBC membuat produk bakso frozen yang bervariatif sesuai selera dan daya beli konsumen namun kelamahan dari produk bakso sixone 77 terletak pada ketersediaan produk yang terbatas dan desain kemasan yang masih memiliki banyak kekurangan. Segi promosi Showroom MBC menerapkan 2 cara yaitu online dengan melalui media sosial (whatsapp, instagram , facebook ) dan offline dengan cara penyampaian secara lagsung kepada konsumen. Segi lokasi Showroom MBC berada di dalam lingkup Fakultas Peternakan namun di sisi pemasarannya lokasi ini masih dinilai tidak strategis karna sulit dijangkau oleh masyarakat umum. Segi proses Showroom MBC memberikan kemudahan kepada konsumen dalam bertrangsaksi dengan menyediakan layanan pesan online dan pengantaran namun memiliki ketentuan ongkos kirim sesuai dengan jarak tempuh. Segi sumberdaya manusia Showroom MBC melakukan penyeleksian dalam memilih karyawannya. Dari bentuk fisik Showroom MBC menyediakan ruangan yang nyaman bagi konsumen. Kesimpulkan strategi pemasaran oleh Showroom MBC berjalan kurang baik dimana ke tujuh variabel masih belum berjalan dengan baik.
Keywords : Bauran pemasaran, Bakso, Frozen Food, MBC
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing mix, Meatballs, Frozen Food, MBC |
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 05:53 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 05:53 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34252 |