Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Toko Best Meat Cabang Borong Raya Makassar = Analysis of Consumer Satisfaction with the Quality of Service at the Best Meat Store Borong Raya Makassar Branch


Sulpiana, Sulpiana (2024) Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Toko Best Meat Cabang Borong Raya Makassar = Analysis of Consumer Satisfaction with the Quality of Service at the Best Meat Store Borong Raya Makassar Branch. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
I011181011_skripsi_18-03-2024 cover1.png

Download (122kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011181011_skripsi_18-03-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011181011_skripsi_18-03-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011181011_skripsi_18-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 February 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan di Toko Best Meat Cabang Borong Raya Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga April 2022. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi atribut kepentingan dan kinerja yang ditunjukkan dalam kuadran untuk memenuhi kepuasan pelanggan, dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 92 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling dan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian IPA, diperoleh hasil bahwa atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya adalah atribut yang terdapat pada kuadran I, yaitu ketepatan pesanan, karyawan selalu mengucapkan terimakasih diakhir pelayanan serta kebersihan, kerapian dan kenyamanan toko. Berdasarkan analisis CSI diperoleh nilai persentasi sebanyak 90,11% sehingga masuk dalam kategori index sangat memuaskan.

Kata Kunci : CSI, IPA, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CSI, IPA, Customer Satisfaction, Service Quality
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Jun 2024 05:50
Last Modified: 24 Jun 2024 05:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34249

Actions (login required)

View Item
View Item