ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DALAM PEMILIHAN SALURAN PEMASARAN KOMODITAS CENGKEH DI KECAMATAN BONTOMANAI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR = Analysis of Marketing Channels and Factors Affecting Farmers' Decisions in Selecting Marketing Channels for Clove Commodities in Bontomanai District, Selayar Island Regency


Wahyuni, Andi Dwi Putri Arwita (2024) ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DALAM PEMILIHAN SALURAN PEMASARAN KOMODITAS CENGKEH DI KECAMATAN BONTOMANAI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR = Analysis of Marketing Channels and Factors Affecting Farmers' Decisions in Selecting Marketing Channels for Clove Commodities in Bontomanai District, Selayar Island Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191129_skripsi_01-02-2024 cover1.png

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191129_skripsi_01-02-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191129_skripsi_01-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191129_skripsi_01-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Cengkeh merupakan komoditi strategis yang memiliki peran terhadap perekonomian Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengidentifikasi pola saluran pemasaran komoditas cengkeh, 2) Untuk menganalisis margin pemasaran setiap lembaga pemasaran komoditas cengkeh, 3) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam memilih saluran pemasaran komoditas cengkeh. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar. Populasi dalam penelitian ini adalah petani cengkeh yang berjumlah 90 orang dengan penentuan menggunakan metode simple random sampling dan informan sebanyak 6 orang yang menggunakan teknik snowball sampling.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif, margin pemasaran dan analisis Regresi Logistik Biner. Hasil penelitian menyimpukan bahwa: 1) Terdapat tiga pola saluran pemasaran komoditas cengkeh di Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar. Saluran pemasaran I yaitu Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar Konsumen/Supplier, Saluran Pemasaran II yaitu Petani – Pedagang Besar Konsumen/Supplier, & Saluran Pemasaran ke III yaitu Petani – Perusahaan Tripper Nature, 2) Margin dan distribusi margin pemasaran yang terbentuk dari ketiga saluran pemasaran komoditas cengkeh yaitu pada saluran pemasaran I sebesar Rp 24.429 dengan nilai distribusi margin 81%, saluran pemasaran II memiliki nilai margin Rp 15.000 dengan nilai distribusi margin 76%, saluran ketiga memiliki nilai margin Rp 15.000 dengan nilai distribusi margin 74%. Saluran pemasaran paling efisien jika dilihat dari kriteria distribusi margin pemasaran yakni terdapat pada saluran pemasaran III, 3) Pengujian secara parsial dari 10 variabel pengaruh faktor yang mempengaruhi pemilihan saluran pemasaran cengkeh terdapat enam yang berpengaruh secara signifikan yaitu Harga, Jumlah Produksi, Luas Lahan, Kerjasama, Hubungan Keluarga dan Pemberian Pinjaman.

Keywords : Cengkeh, Saluran Pemasaran, Lembaga Pemasaran, Faktor pengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Clove, Marketing Channel, Marketing Institution, Influence factor.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:17
Last Modified: 13 Jun 2024 01:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34113

Actions (login required)

View Item
View Item