Azhari, Fikriah (2024) SIKAP DAN PREFERENSI KONSUMEN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI DI CAFE KOPI HUB = CONSUMER ATTITUDES AND PREFERENCES IN THEIR RELATION WITH THE DECISION TO PURCHASE COFFEE AT THE KOPI HUB CAFE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
G021191065_skripsi_01-02-2024 cover1.png
Download (217kB) | Preview
G021191065_skripsi_01-02-2024 1-2.pdf
Download (921kB)
G021191065_skripsi_01-02-2024 dp.pdf
Download (1MB)
G021191065_skripsi_01-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Berdasarkan data International Coffee Organization (ICO), sejak periode 2010/2011, selalu terjadi peningkatan jumlah konsumsi kopi di Indonesia. Pada periode 2020/2021 terjadi peningkatan sebesar 4.03% dibandingkan pada periode sebelumnya, dengan jumlah konsumsi 5 juta kantong ukuran 60kg. Kegemaran masyarakat mengonsumsi kopi tidak luput pada preferensi kesukaan masing-masing individu ketika dihadapkan pada berbagai pilihan yang dapat dilihat berdasarkan atribut-atribut pada produk kopi. Penelitian dilakukan di Kopi Hub yang berada di Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar dengan melibatkan 100 responden. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui sikap konsumen terhadap atribut kopi di Kopi Hub, dan (2) menganalisis hubungan preferensi konsumen dengan keputusan pembelian kopi di Kopi Hub. Metode analisis yang digunakan adalah analisis multiatribut model Fishbein dan analisis chisquare menggunakan aplikasi SPSS versi 27. Atribut produk yang juga digunakan sebagai variabel preferensi terdiri dari harga, wadah, promosi, rasa, aroma, serta fasilitas. Hasil analisis multiatribut Fishbein diperoleh atribut harga merupakan atribut dengan kinerja terbaik dibandingkan atribut lainnya karena dianggap paling penting dan dianggap baik, sedangkan atribut wadah berada di urutan terakhir dan masih dianggap biasa oleh konsumen. Hasil analisis chisquare menunjukkan bahwa preferensi harga, promosi, dan fasilitas memiliki hubungan dengan keputusan pembelian, yaitu pada frekuensi pembelian dan jumlah pembelian, sedangkan wadah, tingkat rasa dan aroma tidak memiliki hubungan signifikan dengan keputusan pembelian.
Keywords : Sikap konsumen, preferensi konsumen, keputusan pembelian, kopi, multi atribut fishbein, chi-square
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Consumer attitudes, consumer preferences, purchasing decisions, coffee, multi-attribute fishbein, chi-square |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 01:16 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 01:16 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34111 |