STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA JAMUR TIRAM DALAM USAHA MENINGKATKAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN (STUDI KASUS PT. TIMUR MUSHROOM FARM, DESA KUAJANG, KECAMATAN BINUANG, KABUPATEN POLEWALI MANDAR, SULAWESI BARAT) = MARKETING STRATEGIES IN OYSTER MUSHROOM BUSINESS IN AN EFFORT TO INCREASE PRODUCTION AND INCOME (CASE STUDY PT. TIMUR MUSHROOM FARM, KUAJANG VILLAGE, BINUANG SUB-DISTRICT, POLEWALI MANDAR DISTRICT, WEST SULAWESI)


Mardianti, Niken Ayu (2024) STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA JAMUR TIRAM DALAM USAHA MENINGKATKAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN (STUDI KASUS PT. TIMUR MUSHROOM FARM, DESA KUAJANG, KECAMATAN BINUANG, KABUPATEN POLEWALI MANDAR, SULAWESI BARAT) = MARKETING STRATEGIES IN OYSTER MUSHROOM BUSINESS IN AN EFFORT TO INCREASE PRODUCTION AND INCOME (CASE STUDY PT. TIMUR MUSHROOM FARM, KUAJANG VILLAGE, BINUANG SUB-DISTRICT, POLEWALI MANDAR DISTRICT, WEST SULAWESI). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
G021181350_skripsi_01-02-2024 cover1.png

Download (225kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021181350_skripsi_01-02-2024 1-2.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021181350_skripsi_01-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021181350_skripsi_01-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Jamur merupakan salah satu komoditi pertanian yang mudah untuk dibudidayakan dan tidak memerlukan biaya yang besar untuk dikembangkan. Jamur tiram mulai digemari oleh Masyarakat sehingga memiliki peluang pasar yang besar, dengan nilai jual hasil olahan jamur tiram yang dapat menguntungkan para petani. Penelitian ini memiliki 2 tujuan yaitu untuk mendeskripsikan faktor internal dan eksternal, serta merumuskan alternatif strategi yang lebih efektif bagi perusahaan dalam meningkatkan produksi dan pendapatan. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2023 dengan menggabungkan dua metode (mix method) dengan menggunakan analisis eksternal dan internal, IFAS, EFAS, IE. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pemilik PT Timur Mushroom Farm, sedangkan variabel dalam penelitian adalah strategi pemasaran dan bauran pemasaran. Data sekunder yang digunakan diperoleh secara tidak langsung melalui media perantara seperti jurnal, skripsi dari penelitian-penelitian sejenis. Hasil penelitian menunjukkan adanya enam kekuatan, tiga kelemahan, lima Peluang dan tiga ancaman pada perusahaan. Selain itu terdapat 6 strategi alternatif yang disarankan untuk perusahaan, dengan strategi prioritas atau startegi yang lebih efektif ialah menjalin dan meningkatkan kerja sama dengan distributor untuk memperluas pemasaran.

Keywords : Bauran Pemasaran; Strategi Pemasaran; QSPM; SWOT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix; Marketing Strategy; QSPM; SWOT.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:13
Last Modified: 13 Jun 2024 01:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34106

Actions (login required)

View Item
View Item