Perancangan Area Pekarangan Rumah sebagai Lanskap Produktif di Permukiman Perkotaan = The desain of the house yard area as a productive landscape in urban settlements


Ainun H., Nurul (2024) Perancangan Area Pekarangan Rumah sebagai Lanskap Produktif di Permukiman Perkotaan = The desain of the house yard area as a productive landscape in urban settlements. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
G011191068_skripsi_01-04-2024 cover1.png

Download (383kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011191068_skripsi_01-04-2024 1-2.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011191068_skripsi_01-04-2024 dp.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011191068_skripsi_01-04-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Peningkatan populasi yang signifikan menyebabkan kebutuhan lahan sangat berbanding terbalik dengan ketersediaan lahan di perkotaan. Kebutuhan pangan dapat disuplai salah satunya dari pekarangan yang ditanami dengan aneka ragam sayuran. Lahan pekarangan memiliki potensi yang besar jika dapat dimanfaatkan. Area pekarangan rumah yang dimanfaatkan sebagai lanskap produktif dapat menciptakan suasan nyaman itu sendiri bagi pemiliknya. Selain dapat menghasilkan oksigen, tanaman juga dapat meredam kebisingan serta menyerap sinar matahari. Penaatan yang baik dapat menjadi nilai tambah visual. Penelitian ini dilakukan di BTN Wesabbe Blok D. No. 61, Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Tujuan. Untuk membuat rancangan lanskap produktif berlahan terbatas dengan menghasilkan tatanan taman yang produktif untuk sebuah rumah tinggal di kawasan permukiman penduduk. Metode. Penelitian dilakukan dengan metode survei meliputi tahap persiapan, inventarisasi, analisis, sintesis, perencanaan, dan perancangan. Hasil. Desain dibuat berdasarkan konsep lanskap produktif dengan pendekatan minimalis dan tetap mempertahankan unsur harmoni alam dan keseimbangan untuk menciptakan keselarasan visual, kelengkapan fasilitas, keawetan material, kenyamanan dan keamanan pengguna. Konsep dikembangkan menjadi tiga bagian area pada tapak, yaitu area produksi, area istirahat, dan area parkir. Desain menggunakan material beton dan batu, juga beberapa fasilitas berbahan kayu agar kesan taman tetap terlihat klasik namun minimalis. Kesimpulan. Lanskap produktif pada lahan terbatas dengan menghasilkan desain tatanan taman yang produktif dapat menjadi solusi untuk rumah tinggal di kawasan permukiman penduduk, konsep ini mencerminkan upaya penciptaan taman yang tidak hanya memenuhi keinginan penghuni rumah, tetapi juga menawarkan elemen estetik yang indah.

Keywords : Lanskap produktif, taman, pekarangan rumah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Productive Landscape, garden, productive.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jun 2024 00:45
Last Modified: 13 Jun 2024 00:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34069

Actions (login required)

View Item
View Item