STRATEGI KESANTUNAN BAHASA PENOLAKAN PIHAK WANITA TERHADAP PIHAK PRIA DI TIGA PERGURUAN TINGGI NEGERI KOTA MAKASSAR = Language Politeness Strategy for Rejection of Women Against Men in Three State Universities in Makassar City


Rivai. M, Muh. (2024) STRATEGI KESANTUNAN BAHASA PENOLAKAN PIHAK WANITA TERHADAP PIHAK PRIA DI TIGA PERGURUAN TINGGI NEGERI KOTA MAKASSAR = Language Politeness Strategy for Rejection of Women Against Men in Three State Universities in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F011181313_skripsi_12-09-2022 cover1.jpg

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F011181313_skripsi_12-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F011181313_skripsi_12-09-2022 dapus.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F011181313_skripsi_12-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

MUH. RIVAI M. Strategi Kesantunan Bahasa Penolakan Pihak Wanita Terhadap Pihak Pria di Tiga Perguruan Tinggi Negeri Kota Makassar. (dibimbing oleh Nurhayati dan Munira Hasjim ). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, 1) jenis-jenis tindak tutur penolakan dari pihak wanita kepada pihak pria dalam pengungkapan cinta mahasiswa di tiga perguruan tinggi negeri di Kota Makassar 2) strategi kesantunan bahasa penolakan pihak pihak wanita terhadap pihak pria dalam pengungkapan cinta mahasiswa di tiga perguruan tinggi negeri di Kota Makassar, yaitu Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Analisis jenis-jenis tindak tutur dikaji menggunakan teori Wijana tentang. Analisis strategi kesantunan bahasa penolakan yang digunakan pihak wanita dikaji dengan menggunakan teori Brown dan Levinson.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik memberi daftar pertanyaan/kuesioner. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis tuturan penolakan pihak wanita kepada pihak pria dalam pengungkapan cinta mahasiswa di tiga perguruan tinggi negeri di Kota Makassar, meliputi tindak tutur langsung tindak tutur tidak langsung. Jenis tuturan yang dominan digunakan, yaitu tindak tutur tidak langsung. Berdasarkan pada data yang telah dikumpulkan pada penelitian, maka ditemukan strategi penolakan yang digunakan dalam kasus ini, yaitu dengan melakukan tindak tutur dengan cara samar-samar atau off the record.
Adapun strategi kesantunan bahasa penolakan pihak pihak wanita terhadap pihak pria dalam pengungkapan cinta mahasiswa di tiga perguruan tinggi negeri di Kota Makassar terdiri atas 5 (lima) strategi, yaitu 1) memberikan penolakan dengan didahului permintaan maaf, 2) memberikan penolakan dengan didahului ucapan terima kasih, 3) memberikan penolakan dengan menggunakan usulan atau saran, 4) memberikan penolakan dengan menggunakan syarat atau kondisi, 5) memberikan penolakan dengan menyandarkan pada pihak ketiga.

Kata kunci: Tindak Tutur, Strategi, Kesantunan, Penolakan, Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Speech Acts, Strategy, Politeness, Rejection, Students
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:35
Last Modified: 11 Jun 2024 02:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34020

Actions (login required)

View Item
View Item