PENGARUH E-MODUL ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN PADA KUNJUNGAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN MAHASISWI DIII KEBIDANAN


Apryani, Apryani (2024) PENGARUH E-MODUL ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN PADA KUNJUNGAN AWAL TERHADAP KETERAMPILAN MAHASISWI DIII KEBIDANAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of P102211032_tesis cover1.png] Image
P102211032_tesis cover1.png

Download (216kB)
[thumbnail of P102211032_tesis 1-2.pdf] Text
P102211032_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of P102211032_tesis dp.pdf] Text
P102211032_tesis dp.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of P102211032_tesis.pdf] Text
P102211032_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Apryani. Pengaruh E-modul Asuhan Kebidanan Kehamilan pada Kunjungan Awal terhadap Keterampilan Mahasiswi DIII Kebidanan. (di bimbing oleh Syafruddin Syarif dan Aminuddin Syam)

Latar Belakang : E-Modul sebagai adaptasi dari modul cetak memiliki banyak keunggulan seperti sifat interaktif yang memungkinkan peserta didik dalam melakukan pembelajaran mandiri yang efektif untuk menguasai kompetensi yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh E-modul praktikum Asuhan Kebidanan pada Kunjungan Awal terhadap keterampilan Mahasiswi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kendari.
Metode Penelitian : Research and Development (RnD) dalam pengembangan E-modul praktikum dan metode kuantitatif Quasi Eksperiment Non Equivalent Grup Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di Poltekkes Kemenkes Kendari, mulai tanggal 10 Maret – 12 Mei 2023. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa tingkat I Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kendari sebanyak 182 orang. Sampel diambil dengan tehnik Purposive Sampling sebanyak 134 orang. Sampel penelitian yaitu kelompok E-modul praktikum sebagai intervensi dan kelompok modul cetak sebagai kontrol. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan uji Mann Withney.
Hasil Penelitian :
Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata 4,32 dan ahli media 3,90 yang berarti E-modul yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak/layak.
Hasil pretest pada kelompok intervensi paling banyak mendapatkan keterampilan dengan kategori cukup yaitu sebanyak 53,73%, dan posttest dengan kategori baik yaitu sebanyak 46,32%. Sedangkan pada kelompok kontrol hasil pretest keterampilan dengan kategori cukup yaitu sebanyak 52,24%, dan post test keterampilan dengan kategori baik yaitu sebanyak 43,28%.
Hasil analisis data pretest diperoleh p = 0,737 > 0,05 yang berarti kelompok intervensi dan kontrol tidak memiliki perbedaan keterampilan sebelum diberikan intervensi. Sedangkan pada data posttest didapatkan p-value 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang bermakna pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan.
Kesimpulan : E-modul praktikum Asuhan Kebidanan Kehamilan pada Kunjungan Awal berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan Mahasiswi DIII Kebidanan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 08 May 2024 05:37
Last Modified: 08 May 2024 05:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/34017

Actions (login required)

View Item
View Item