DAMPAK PENGGUNAAN GOOGLE TRANSLATE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA: STUDI KASUS DI JURUSAN SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS HASANUDDIN, ANGKATAN 2021 = THE IMPACTS OF USING GOOGLE TRANSLATE TOWARDS STUDENTS’ WRITING ABILITY: A CASE STUDY AT ENGLISH DEPARTMENT OF HASANUDDIN UNIVERSITY, BATCH 2021


Khaliza, Nur (2023) DAMPAK PENGGUNAAN GOOGLE TRANSLATE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA: STUDI KASUS DI JURUSAN SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS HASANUDDIN, ANGKATAN 2021 = THE IMPACTS OF USING GOOGLE TRANSLATE TOWARDS STUDENTS’ WRITING ABILITY: A CASE STUDY AT ENGLISH DEPARTMENT OF HASANUDDIN UNIVERSITY, BATCH 2021. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
F041191141_skripsi_01-02-2024 cover1.png

Download (267kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041191141_skripsi_01-02-2024 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041191141_skripsi_01-02-2024 dp.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041191141_skripsi_01-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Khaliza, 2023, The Impacts of Using Google Translate towards Students’ Writing Ability: a Case Study at English Department Hasanuddin University Batch 2021. (Supervised by Marleiny Radjuni and Hidayatullah Yunus).
Sebagian besar wilayah Indonesia mulai mengajarkan bahasa Inggris kepada para siswa sejak usia dini untuk membantu mereka siap dan memberikan kesempatan besar bagi mereka untuk berpartisipasi dalam dunia internasional. Siswa yang mempelajari bahasa Inggris secara otomatis terhubung dengan empat keterampilan utama yaitu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Menulis adalah keterampilan yang lebih sulit dikuasai daripada keterampilan bahasa lainnya. Siswa sering mengalami keterbatasan dalam kosa kata, tata bahasa, dan kesalahan ejaan saat menulis. Oleh karena itu, menggunakan alat seperti Google Translate untuk membantu mereka menulis akan sangat menguntungkan para siswa. Meskipun memiliki kelemahan, Google Translate merupakan teknologi populer di kalangan siswa untuk membantu mereka dengan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dampak Google Translate pada kemampuan menulis mahasiswa dan (2) untuk menyelidiki bagaimana mahasiswa menggunakan Google Translate untuk membantu menulis meskipun memiliki kelemahan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan campuran untuk mengumpulkan informasi. Data untuk penelitian ini diperoleh melalui tes dan kuesioner dari sekelompok 15 siswa yang terdaftar di Departemen Sastra Inggris Universitas Hasanuddin, Angkatan 2021. Temuan menunjukkan bahwa para siswa mengandalkan Google sebagai alat pembelajaran bahasa untuk membantu mereka dalam menulis. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan Google Translate yang ekstensif oleh para peserta, yang mencatat total 118 percobaan di antara semua 15 mahasiswa. Google Translate utamanya digunakan untuk mencari kalimat, frasa, kata, dan ejaan yang tepat untuk esai mereka. Namun, untuk mengatasi keterbatasan Google Translate, para peserta juga menggunakan alat pembelajaran lain seperti Quillbot, Grammarly, dan Chat GPT, berserta kemampuan menulis mereka sendiri.

Kata kunci: Google Translate, Siswa, Kemampuan Menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Google Translate, Students, Writing Ability
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Jun 2024 05:06
Last Modified: 10 Jun 2024 05:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33996

Actions (login required)

View Item
View Item