Elong Maliung Bettuanna: Kajian Makna dan Nilai-nilai Sosial Budaya Pada Masyarakat Bugis = Elong Maliung Bettuanna: A Study of Meaning and Socio-Cultural Values in Bugis Society.


Azzahra, Hera (2023) Elong Maliung Bettuanna: Kajian Makna dan Nilai-nilai Sosial Budaya Pada Masyarakat Bugis = Elong Maliung Bettuanna: A Study of Meaning and Socio-Cultural Values in Bugis Society. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F021191012_skripsi_29-02-2024 cover1.png

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F021191012_skripsi_29-02-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F021191012_skripsi_29-02-2024 dp.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F021191012_skripsi_29-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 May 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Hera Azzahra. 2023. Elong Maliung Bettuanna: Kajian Makna dan Nilai-nilai Sosial Budaya Pada Masyarakat Bugis. (Dibimbing: Gusnawaty dan M. Dalyan Tahir)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan makna denotasi dan konotasi serta menganalisis nilai sosial budaya dalam elong maliung bettuanna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan pencatatan. Metode analisis data yang dilakukan dimulai dengan cara menentukan dan mengidentifikasi kata-kata bahasa bugis yang memiliki makna maliung bettuanna, kemudian mendeksripsikan makna denotasi dan konotasi dalam data teks elong maliung bettuanna dengan menggunakan teori semantik Chaer. Selanjutnya menganalisis nilai sosial budaya yang selaras dengan nilai keagamaan, nilai pendidikan dan nilai moral dalam elong maliung bettuanna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Élong Maliung Bettuanna memiliki beberapa kategori makna yang dapat dideskripsikan secara denotasi dan konotasi. Makna tersebut diantaranya: kejujuran, kesedihan, idealnya sebuah hubungan, kesetiaan, kerja keras, kekaguman, keselarasan, kesan yang buruk, kesederhanaan, dan aura manis. Nilai-nilai sosial budaya yang ditemukan dalam teks elong maliung bettuanna terbagi menjadi tiga nilai utama yaitu nilai keagamaan, nilai pendidikan dan nilai moral. Nilai keagamaan yang dapat disimpulkan dari beberapa data yang telah dijelaskan seperti persiapan untuk hari kemudian dan keesaan tuhan. Nilai pendidikan yang ditemukan adalah seperti pentingnya nilai kejujuran ditegakkan, kedisiplinan, dan kepatuhan, serta pentingnya integritas. Nilai moral yang terbungkus dalam bait-bait elong maliung bettuanna tersebut adalah seperti rasa syukur, menghargai adat dan tradisi, tidak berprasangka, menjalin ikatan moral yang baik dengan sesame.

Kata kunci : elong maliung bettuanna, denotasi, konotasi, nilai sosial budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Élong Maliung Bettuanna, denotation, connotation, socio-cultural values.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:05
Last Modified: 07 Jun 2024 03:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33949

Actions (login required)

View Item
View Item