VISUALISASI PENGGALAN KALIMAT NASKAH I LA GALIGO DALAM PERTUNJUKAN TEATER KARYA SUTRADARA ROBERT WILSON = Visualization of Sentence Fragments of Script I La Galigo in a Theater Performance by Director Robert Wilson


Adinda, Adinda (2023) VISUALISASI PENGGALAN KALIMAT NASKAH I LA GALIGO DALAM PERTUNJUKAN TEATER KARYA SUTRADARA ROBERT WILSON = Visualization of Sentence Fragments of Script I La Galigo in a Theater Performance by Director Robert Wilson. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
F013201004_disertasi_17-01-2024 cover1.png

Download (146kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F013201004_disertasi_17-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F013201004_disertasi_17-01-2024 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F013201004_disertasi_17-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 May 2026.

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

Pertunjukan teater I La Galigo menjadi sebuah sistem dan struktur yang merepresentasikan kebudayaan Bugis-Makassar. Interpretasi dan representasi naskah teater I La Galigo yang terdapat pada penggalan kalimat naskah teater diteliti dengan menggunakan teori Semiotika, dalam wujud visual simbol yang disandingkan dengan gambar kalimat serta interpretasi yang mampu mengupas setiap detail gambar foto hasil capture pada adegan video rekaman atau dokumentasi Pertunjukan. Berdasarkan interpretasi visual, akan dapat dinilai apakah pertunjukan teater visual ini mampu merepresentasi keadaan naskah I La Galigo sebagai salah satu manuskrip sastra asli nusantara menjadi objek dari penguatan kebudayaan. Hal ini di atur dalam UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan dan Penguatan Kebudayaan. Fokus penelitian ini adalah mengkaji korelasi antara naskah sastra lisan / sastra tulis dan pertunjukan teater, bagaimana transformasi sastra I La Galigo ke dalam pertunjukan teater dilihat dari kajian Semiotika dan visual teater. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif dengan penulisan deskriptif-eksplanasi yang dianalisis dari data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari wawancara, menonton video pertunjukan dan analisis media, teknis studi pustaka untuk menemukan berbagai sumber referensi yang berkaitan dengan konsep teori. Data sekunder didapatkan dari web-web resmi yang terkait dengan pertunjukan. Data dan sumber data ditemukan 25 contoh penggalan kalimat dalam naskah teater I La Galigo. Dalam menganalisis data, digunakan teori Semiotika untuk melihat wujud hasil visual gambar dokumentasi video yang dihadirkan melalui pertunjukan teater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teater I La Galigo karya Robert Wilson (eksperimental-teater) merepresentasi tradisi dengan visual baru. Berdasarkan interpretasi visual, dapat diketahui, apakah pertunjukan teater ini mampu merepresentasi naskah I La Galigo. Simbol visual yang ada dalam gerak dan ketubuhan aktor dalam panggung teater adalah gambaran dari kisah dalam sastra I La Galigo. Teater ini memanfaatkan berbagai gabungan teknologi modern sebagai bahasa ungkap dalam wujud visual simbol. Hal ini dimaksudkan untuk mencari ekspresi pertunjukan baru, yang lain daripada pertunjukan lainnya.

Keywords : Visual Teater, Semiotika, Interpretasi dan representasi Naskah Teater I La Galigo

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Visual Theatre, Semiotics, Interpretation and representation of Theater Manuscript I La Galigo
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Linguistik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:22
Last Modified: 07 Jun 2024 08:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33939

Actions (login required)

View Item
View Item