DAMPAK KERJA SAMA EKONOMI SWISS-INDONESIA TERHADAP PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI WAKATOBI = THE IMPACT OF SWISS-INDONESIAN ECONOMIC COOPERATION ON SUSTAINABLE TOURISM DEVELOPMENT IN WAKATOBI


Fadillah, Nur (2023) DAMPAK KERJA SAMA EKONOMI SWISS-INDONESIA TERHADAP PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI WAKATOBI = THE IMPACT OF SWISS-INDONESIAN ECONOMIC COOPERATION ON SUSTAINABLE TOURISM DEVELOPMENT IN WAKATOBI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181314_skripsi_29-01-2024 cover1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181314_skripsi_29-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181314_skripsi_29-01-2024 dp.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181314_skripsi_29-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Fadillah (E061181314) “Dampak Kerja Sama Ekonomi Swiss-Indonesia dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di Wakatobi”, dibawah bimbingan Ishaq Rahman, S.IP, M.Si selaku Pembimbing I, dan Aswin Baharuddin, S.IP, MA selaku Pembimbing II pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Sektor pariwisata menjadi sektor yang potensial bagi Indonesia utamanya di era otonomi daerah saat ini. Pengembangan sektor pariwisata secara langsung akan berdampak signifikan pada masyarat dan secara tidak langsung akan berkontribusi
dalam peningkatan pendapatan asli daerah juga utamanya menjadi pemasukan devisa negara. Untuk mendongkrak pembangunan ekonomi Indonesia khususnya di sektor pariwisata, pemerintah Indonesia kemudian aktif menjalin kerja sama internasional dan membuka peluang investasi asing. Salah satu proyek yang dijalankan ialah kerja sama ekonomi Swiss-Indonesia dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di Wakatobi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bilateral dan implementasi kerja sama yang dilakukan antara negara Swiss dan Indonesia dalam mewujudkan pengembangan pariwisata berkelanjutan di Wakatobi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data-data melalui studi literatur yang relevan terhadap judul penelitian. Hasil dari penelitian ini diketahui implementasi program kerja sama ekonomi Swiss-Indonesia dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di Wakatobi dijalankan dengan baik melalui pelaksanaan proyek-proyek bersama, dan kerja sama yang dilakukan juga memberikan dampak yang signifikan terhadap pengembangan pariwisata berkelanjutan di daerah-daerah terpilih khususnya di Wakatobi.

Kata Kunci: Swiss, Indonesia, Hubungan Bilateral, Kerjasama Ekonomi, Pariwisata Berkelanjutan, INGO, Swisscontact, State Secretariat for Economic Af air, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Switzerland, Indonesia, Bilateral Relations, Economic Cooperation, Sustainable Tourism, INGO, Swisscontact, State Secretariat for Economic Affairs, Ministry of Tourism and Creative Economy.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:23
Last Modified: 07 Jun 2024 01:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33901

Actions (login required)

View Item
View Item