Inovasi Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar = Passport Service Innovation at Class I Immigration Office Makassar City


Rahayu, Andi Sri (2024) Inovasi Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar = Passport Service Innovation at Class I Immigration Office Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051201064_skripsi_27-03-2024 cover1.png

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051201064_skripsi_27-03-2024 1-2.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051201064_skripsi_27-03-2024 dp.pdf

Download (940kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051201064_skripsi_27-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI SRI RAHAYU, Nomor Induk Mahasiswa E051201064, Program studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Skripsi yang berjudul “Inovasi Pelayanan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar”, dibawah bimbingan Prof. Dr. Nurlinah, M.Si sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Dr. Suhardiman Syamsu, M.Si sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengalisis penerapan Inovasi Pelayanan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Kota serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun lokasi penelitian ini yaitu Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sementara jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Indikator penelitian menggunakan teori Inovasi Pelayanan oleh Rogers yaitu Keuntungan Relatif, Kesesuaian, Kerumitan, Kemungkinan Dicoba, dan Kemudahan Diamati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Inovasi aplikasi M-Paspor dalam pelayanan paspor sudah berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Namun, kendala-kendala teknis dalam penggunaan aplikasi ini masih kerap ditemukan. Pada indikator Keuntungan Relative memiliki nilai kebaharuan yang menguntungkan segala pihak, pada indikator Kesesuaian sudah sesuai dengan inovasi sebelumnya dan dengan kebutuhan yang diperlukan, pada indikator Kerumitan dinilai lebih rumit karena fitur tambahan dan masih terdapat kesulitan dalam log-in, pada indikator Kemungkinan Dicoba, telah melwati tahap verifikasi skala Nasional, dan pada tahap kemudahan diamati terbillang cukup baik dan sudah menjangkau Masyarakat secara umum. Sementara faktor-faktor yang mempengaruhi terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana serta anggaran, sedangkan faktor penghambat yaitu kesadaran masyarakat dan jaringan internet.

Keywords : Pemerintahan, Inovasi, M-Paspor, Pelayanan Paspor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Governance, Innovation, M-Passport, Passport Services.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Jun 2024 00:57
Last Modified: 07 Jun 2024 00:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33895

Actions (login required)

View Item
View Item