HUBUNGAN ANTARA FAKTOR PREDISPOSING, ENABLING, DAN REINFORCING DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (Survey Masyarakat Pesisir di Kelurahan Barombong Kota Makassar)


Apriliani, Andi Zhafirah Putri (2023) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR PREDISPOSING, ENABLING, DAN REINFORCING DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (Survey Masyarakat Pesisir di Kelurahan Barombong Kota Makassar). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
J011201067_skripsi_15-02-2024 Cover1.jpg

Download (295kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011201067_skripsi_15-02-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011201067_skripsi_15-02-2024 Dapus.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011201067_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat dari berbagai usia. Salah satu cara untuk mencegah dan mendeteksi penyakit gigi dan mulut adalah dengan memanfaatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut secara rutin. Terdapat tiga faktor yang mendorong perilaku pemanfaatan pelayanan kesehatan, yaitu Faktor predisposisi, diwujudkan dalam pengetahuan, sikap, dan persepsi yang memotivasi seseorang; Faktor Pendukung, yang terwujud dalam tersedia atau tidaknya fasilitas pelayanan kesehatan; Faktor Pendorong, seperti dukungan dari tokoh masyarakat, keluarga, dan orang tua. Masyarakat pada daerah pesisir umumnya memiliki kualitas pendidikan yang relatif rendah apabila dibandingkan dengan masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Sehingga, umumnya masyarakat yang tinggal di daerah pesisir masih kurang memiliki pengetahuan dan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara faktor predisposing, enabling dan reinforcing dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat pesisir Keluharan Barombong Kota Makassar. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 masyarakat dengan usia di atas 17 tahun. Teknik yang digunakan purposive sampling. Hasil: Dari 130 sampel penelitian, secara stimultan didapatkan hasil nilai f hitung 9.776 > 2.68 f tabel yang berarti terdapat hubungan antara factor predisposing, enabling, dan reinforcing dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat pesisir Kelurahan Barombong Kota Makassar. Kesimpulan: Pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat pesisir khususnya di Kelurahan Barombong Kota Makassar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pengetahuan, sikap, persepsi, ketersediaan sarana dan prasarana, dukungan keluarga dan dukungan petugas kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor Predisposing, Faktor Enabling, Faktor Reinforcing, Pelayanan Kesehatan, Masyarakat Pesisir
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:43
Last Modified: 06 Jun 2024 08:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33850

Actions (login required)

View Item
View Item