Representasi Pluralitas Budaya dalam Music Video Wonderland Indonesia karya Alffy Rev = Representation of Cultural Plurality in Music Video Wonderland Indonesia by Alffy Rev.


Threeona, Threeona (2023) Representasi Pluralitas Budaya dalam Music Video Wonderland Indonesia karya Alffy Rev = Representation of Cultural Plurality in Music Video Wonderland Indonesia by Alffy Rev. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E31116522_skripsi_17-01-2024 cover1.png

Download (73kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E31116522_skripsi_17-01-2024 1-2.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E31116522_skripsi_17-01-2024 dp.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E31116522_skripsi_17-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2026.

Download (865kB)

Abstract (Abstrak)

THREEONA. E31116522. Representasi Pluralitas Budaya dalam Music Video “Wonderland Indonesia” karya Alffy Rev. (Dibimbing oleh Syamsuddin Aziz dan Sartika Sari).
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui representasi pluralitas budaya melalui tanda dalam music video “Wonderland Indonesia” karya Alffy Rev. (2) Untuk mengetahui signifikansi pluralitas budaya yang dikonstruksi dalam music video “Wonderland Indonesia”.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode dekskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data visual dari scene – scene yang terdapat dalam music video tersebut. Peneliti menganalisis objek penlitian dengan menggunakan model semiotika dari Charles Sanders Peirce yaitu dengan konsep dasar “trikotomi atau segitiga makna”, yang terdiri atas representamen, objek dan interpretan. Data pendukung dalam penelitian ini merupakan data dari studi pustaka untuk mendapatkan teori- teori yang relevan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pluralitas budaya dalam music video “Wonderland Indonesia” direpresentasikan dalam dua belas scene melalui empat elemen – elemen pluralitas budaya diantaranya language (bahasa), belief system (sistem kepercayaan), behavior style (pola perilaku), dan cultural style (ciri khas budaya). Namun dalam music video ini, hanya elemen religion (agama) yang tidak direpresentasikan. Dalam music video “Wonderland Indonesia” memiliki signifikansi yakni sebagai berikut : identitas nasional, diplomasi budaya, pelestarian budaya, budaya tradisional, kearifan lokal dan keindahan alam. Yang dikonstruksi melalui tanda budaya material (atribut budaya) dan non material (ide, nilai dan norma).

Keywords : Music video, Wonderland Indonesia, Semiotika, Representasi dan Interpretasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Music video, Wonderland Indonesia Music video, Semiotics, Representation and Interpretation.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:31
Last Modified: 06 Jun 2024 08:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33846

Actions (login required)

View Item
View Item