Hairun, Syntia Maharani S. (2023) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DAN TINGKAT KEPUASAN SERTA LOYALITAS PADA PELAYANAN PRIMER (Survey Masyarakat Pesisir di Kelurahan Barombong Kota Makassar). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
J011201060_skripsi_15-02-2024 Cover1.jpg
Download (277kB) | Preview
J011201060_skripsi_15-02-2024 bab1-2.pdf
Download (531kB)
J011201060_skripsi_15-02-2024 Dapus.pdf
Download (1MB)
J011201060_skripsi_15-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 November 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut maka upaya peningkatan pelayanan kesehatan perlu ditingkatkan demi kepuasan dan sifat loyal masyarakat dalam penggunaan unit layanan kesehatan. Kepuasan masyarakat telah dianggap sebagai kontributor penting evaluasi mutu layanan kesehatan, dan loyalitas masyarakat memiliki pengaruh penting terhadap perkembangan dan kemajuan bidang kesehatan. Dalam pengukuran baik buruknya kualitas pelayanan dapat dilihat dari tingkat kepuasan dan loyalitas pengguna unit layanan, namun masih perlunya peninjauan ulang terhadap seluruh lapisan masyarakat salah satunya masyarakat pesisir Kelurahan Barombong Kota Makassar. Tujuan: Untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut, tingkat kepuasan dan loyalitas Masyarakat dan mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan tingkat kepuasan dan loyalitas pada masyarakat pesisir Keluharan Barombong Kota Makassar. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 masyarakat dengan usia di atas 17 tahun. Teknik yang digunakan purposive sampling yaitu masyarakat yang sudah berkunjung ke dokter gigi sebelumnya. Hasil: Kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut serta tingkat kepuasan masyarakat daerah pesisir Kelurahan Barombong Kota Makssar berada dalam kategori cukup baik sedangkan tingkat loyalitas masyarakatnya berada dalam kategori yang sangat baik. Hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan tingkat kepuasan didapatkan hubungan signifikan yaitu hasil nilai f hitung 52,383 < 3,07 f tabel yang berarti terdapat hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap tingkat kepuasan dan loyalitas pada masyarakat pesisir Kelurahan Barombong Kota Makassar. Kesimpulan: Kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut daerah pesisir tidak begitu buruk dan pengukurannya dapat melalui persepsi dan tindakan masyarakat. Semakin puas dan loyal masyarakat maka semakin berkualitas pula kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang diberikan pada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas, Masyarakat Pesisir |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | S.I.P Zohrah Djohan |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 08:24 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 08:24 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33812 |