PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP PERLINDUNGAN ANAK TERPADU BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN SOPPENG = PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP IN COMMUNITY-BASED INTEGRATED CHILD PROTECTION IN SOPPENG REGENCY


Nur, Ainun M. (2023) PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP PERLINDUNGAN ANAK TERPADU BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN SOPPENG = PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP IN COMMUNITY-BASED INTEGRATED CHILD PROTECTION IN SOPPENG REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012221010_tesis_29-01-2024 cover1.png

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012221010_tesis_29-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012221010_tesis_29-01-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012221010_tesis_29-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Ainun M. Nur. Public Private Partnership Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat Di Kabupaten Soppeng (dibimbing oleh Hamsinah & Suryadi Lambali).
Penelitian ini bertujuan untuk memahami Public Private Partnership Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat Di Kabupaten Soppeng menggunakan dimensi Public Private Partnership oleh Kim Uhlik. dengan indikator hubungan (relationships), sumberdaya (resources), jaringan (networks), organisasi (organizations), Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan berbagai informan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Soppeng, PT.Cargill, Save the Children, Kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Maasyarakat (PATBM) serta masyarakat. Melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi, data diperoleh dan dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Public Private Partnership Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat Di Kabupaten Soppeng sudah berjalan dengan baik, dengan indikator sebagai berikut ; (1) kerja sama atau kemitraan yang dilakukan PT.Cargill dan Dinas P3AP2KB sudah berjalan baik dua elemen ini berkerja sama untuk melindungi anak khususnya dalam praktek kerja anak, (2) sumberdaya yang disediakan kedua belah pihak yang berkeja sama sudah sangat memadai, kedua sektor ini sama-sama menyediakan sumber daya dalam proses kerja sama yang dilakukan, jika Dinas P3AP2KB fokus pada penyediaan fasilitas saat kekerasan anak terjadi hingga kasus tersebut terselesaikan maka PT.Cargill bersama Save the Children fokus pada pendanaan dan pelatihan-pelatihan atau sosialisasi tentang pekerja anak, (3) Jaringan, melibatkan Save the Children sebagai pihak diluar kemitraan, Tim dari Save the Children yang membekali para kader pengetahuan dan wawasan tentang isu-isu perlindungan anak, misalnya kekerasan anak dan pekerja anak, membuat kader PATBM menjadi lebih paham mengenai pekerja anak, (4) Organisasi,sudah berjalan dengan baik, pada sektor swasta berusaha melakukan perlindungan anak dengan berdasarkan outcome yang telah dibuat pada program-program yang telah dibuat sebelumnya, sedangkan oleh pihak pemerintah juga bertanggung jawab terhadap proses peng-implementasian perda Kabupaten Soppeng dalam hal perlindungan anak dengan bekerja sama bersama lembaga masyarakat dan perusahaan swasta.

Keywords : Public Private Partnership, pekerja anak, perlindungan anak

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public private partnership, Child labor, Child protection
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:57
Last Modified: 04 Jun 2024 07:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33799

Actions (login required)

View Item
View Item