PENGEMBANGAN KAPASITAS DINAS KESEHATAN KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN = CAPACITY BUILDING IN HEALTH OFFICE OF PANGKAJENE AND ISLAND REGENCY


Umar, Indrayati Fattah (2023) PENGEMBANGAN KAPASITAS DINAS KESEHATAN KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN = CAPACITY BUILDING IN HEALTH OFFICE OF PANGKAJENE AND ISLAND REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012211014_tesis_24-01-2024 cover1.png

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012211014_tesis_24-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012211014_tesis_24-01-2024 dp.pdf

Download (14MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012211014_tesis_24-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2026.

Download (16MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian Ini bertujuan mengupas konsep peningkatan kapasilas dalam konteks Program Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Milenial di Kabupaten Pangkajene dan Kepulavan, Studi ini menggunakan pendekatan strategis peningkatan kapasitas dengan berfokus pada pembentukan dan pengembangan program yang menjawab kebutuhan kesehatan generasi milenial. Melalui inisiatif berbasis partnership, indikalor pengembangan kapesitas dapat dinilal melalui aktivasi komunitas, kolaborasi dan berbagi informasi, kepadatan jaringan, dan reorientasi layanan. Penelitian ini menyoroti keberhasilan dan tantangan program dengan menunjukkan upaya kolaboratif, pemberian layanan adaptif, dan strategi inovatif berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas yang efektil. Hail penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan kapasilas, aktivasi komunitas berhasil membentuk lim keria dan kader Posyandu di wilayah target, tetapi diperlukan peningkatan pada sistem pelaporan bulanan untuk pemantauan yang lebih efektif. Kolaborasi dan pertukaran informasi antar organisasi Dinas Kesehatan menciptakan koordinasi yang efisien. Adapun kepadatan jaringan Program Posyandu Milenial membawa Kolaborasi yang kuat dengan berbagi stakeholder. Terdapat reorientasi layanan dan program. Adapun implementasi masih berfokus pada layanan utama, sedangkan layanan pengembangan belum terlaksana. Oleh karena itu, diperlukan keterlibatan peran pemimpin lokal, peningkatan kolaborasi melalui media sosial, perhatian pada jumlah aktor yang terlibat, dan diversifikasi bentuk pelaksanaan program. Hasil penelitian ini diharapkan dapat member kontribusi berharga dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan remaja melalui pendekatan yang komprehensil dan partisipatif.

Keywords : Milenial, Partnership, Pelayanan Kesehatan, Pengembangan Kapasitas, Posyandu

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Millennial, Partnership, Health service, Capacity building, Posyandu.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:56
Last Modified: 04 Jun 2024 07:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33794

Actions (login required)

View Item
View Item