PERBANDINGAN DEXMEDETOMIDINE 1 MCG/KGBB INTRAVENA DAN FENTANYL 2 MCG/KGBB INTRAVENA TERHADAP MULA KERJA, EFEK HEMODINAMIK DAN WAKTU PULIH SADAR SELAMA ANESTESI ENDOSKOPI RETROGRAD CHOLANGIOPANCREATOGRAPHY DI INSTALASI GASTROENTEROHEPATOLOGI RSUP DR. WAHIDIN SOEDIROHUSODO MAKASSAR = Comparison Of Dexmedetomidine 1 Mcg/Kgbb Intravena And Fentanyl 2 Mcg/Kgbb Intravenous On The Onset Of Action, Hemodynamic Effects And Time To Awake During Retrograde Endoscopic Anesthesia Cholangiopancreatography in Gastroenterohepatologi Instalation RSUP Dr. Wahidin Soedirohusodo Makassar


Mufti, Asnurhazmi Hilaluddin (2023) PERBANDINGAN DEXMEDETOMIDINE 1 MCG/KGBB INTRAVENA DAN FENTANYL 2 MCG/KGBB INTRAVENA TERHADAP MULA KERJA, EFEK HEMODINAMIK DAN WAKTU PULIH SADAR SELAMA ANESTESI ENDOSKOPI RETROGRAD CHOLANGIOPANCREATOGRAPHY DI INSTALASI GASTROENTEROHEPATOLOGI RSUP DR. WAHIDIN SOEDIROHUSODO MAKASSAR = Comparison Of Dexmedetomidine 1 Mcg/Kgbb Intravena And Fentanyl 2 Mcg/Kgbb Intravenous On The Onset Of Action, Hemodynamic Effects And Time To Awake During Retrograde Endoscopic Anesthesia Cholangiopancreatography in Gastroenterohepatologi Instalation RSUP Dr. Wahidin Soedirohusodo Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C135171002_tesis_04-08-2023 caver1.jpg

Download (383kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C135171002_tesis_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C135171002_tesis_04-08-2023 dp.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C135171002_tesis_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Endoscopic Retrograde CholangioPancreatography (ERCP) adalah prosedur diagnostik dan terapeutik untuk evaluasi penyakit bilier dan pankreas. Dexmedetomidine mengurangi kebutuhan propofol selama anestesi. Kombinasi propofol dan fentanil memberikan efek analgesik sentral terutama dengan mengaktifkan reseptor μ-opioid, yang terutama didistribusikan di area yang berhubungan dengan nyeri, pernapasan, mual, dan muntah.
Tujuan: Membandingkan pemberian Dexmedetomidine intravena dan Fentanyl intravena terhadap mula kerja, efek hemodinamik dan waktu pulih sadar selama anestesi ERCP.
Subjek dan Metode: Penelitian uji acak tersamar ganda terhadap 42 pasien yang menjalani prosedur ERCP dengan anestesi umum di Instalasi Gastroenterohepatologi RSUP Wahidin Soedirohusodo, mulai bulan Agustus-
September 2022. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok A (Dexmedetomidine) dan kelompok B (Fentanyl).
Hasil: Pada kedua kelompok masing-masing 21 orang tiap kelompok, mula kerja dan pulih sadar didapatkan perbedaan yang bermakna pada mula kerja dengan nilai p <0.001, sedangkan pada pulih sadar dengan nilai p 0.022, sehingga dapat dikatakan ada perbedaan pada mula kerja dan pulih sadar antara kedua kelompok. Terdapat perbedaan bermakna pada kejadian penurunan tekanan arteri rerata (TAR) dengan p= 0.030, kejadian bradikardi dengan nilai p =0.014, dan pada kejadian bradipneu pada kedua kelompok dengan nilai p = 0.004, sehingga dapat dikatakan ada perbedaan efek hemodinamik antara kedua kelompok. Efek samping didapatkan perbedaan yang bermakna pada kejadian mual dengan nilai p = 0.014. Tidak didapatkan perbedaan yang bermakna pada kejadian muntah dengan nilai p = 1.000, dan nyeri kepala dengan nilai p = 0.311.
Kesimpulan: Kelompok Dexmedetomidine-Propofol lebih cepat mula kerja dibandingkan dengan kelompok Fentanyl-Propofol, sedangkan pada waktu pulih sadar kelompok Dexmedetomidine-Propofol lebih lambat. Kelompok Dexmedetomidine-Propofol lebih kurang mengalami penurunan TAR, lebih banyak kejadian bradikardi, dan lebih kurang kejadian bradipneu dibandingkan dengan kelompok Fentanyl-Propofol. Kelompok dexmedetomidine-Propofol lebih kurang mengalami kejadian mual dibanding kelompok Fentanyl-Propofol, namun tidak terjadi perbedaan antar kelompok dalam kejadian muntah dan nyeri kepala.

Kata kunci: ERCP; Dexmedetomidine; Fentanyl, Propofol

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: ERCP; Dexmedetomidine; Fentanyl, Propofol.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS Anestesiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 May 2024 01:24
Last Modified: 28 May 2024 01:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33672

Actions (login required)

View Item
View Item